MESOTHELIOMANESIA

Morfologi Dan Kandungan Daun Sirih

Morfologi Dan Kandungan Daun Sirih
Morfologi Dan Kandungan Daun Sirih

Sejumlah kandungan daun sirih dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh Morfologi Dan Kandungan Daun Sirih

Morfologi dan kandungan daun sirih :: Sirih adalah salah satu dari sejumlah tanaman asli indonesia yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Tanaman yang tumbuh merambat pada batang pohon disekelilingnya ini dapat tumbuh dengan subur di wilayah tropis terutama pada tanah dengan kandungan bahan organik dan air yang banyak. Dataran tempat tumbuh tanaman sirih yaitu daerah dengan ketinggian sekitar 300-1000m dari permukaan laut.

Ada banyak jenis sirih yang ada sekarang ini, seperti sirih hijau, sirih merah, sirih belanda dan beberapa jenis sirih yang dijadikan sebagai tanaman hias.

Klasifikasi dan Morfologi daun sirih :

Klasifikasi ilmiah tanaman sirih
  • Kingdom : Plantae.
  • Division : Magnoliophyta.
  • Class : Magnoliopsida.
  • Ordo : Piperales.
  • Family : Piperaceae.
  • Genus : Piper.
  • Species : P. Betle
Morfologi / Ciri umum tanaman sirih :
  • Tumbuh merambat dengan ketinggian dapat mencapai 15 meter.
  • Batang umumnya berwarna coklat kehijauan, batang berbentuk bulat, memiliki ruas, bagian ini merupakan bakal tumbuhnya akar.
  • Daun sirih berbentuk jantung, tunggal, bagian ujung daun runcing, tumbuh berselang seling, setiap daun memiliki tangkai, bila daun diremas akan mengeluarkan aroma khas, panjang sekitar 5-8 cm dengan lebar sekitar 2-5 cm.
  • Bunga sirih majemuk berbentuk bulir, memiliki daun pelindung  kurang lebih 1 mm dengan bentuk bulat panjang. Bulir betina memiliki panjang antara 1,5-6 cm.Pada bagian bulir betina ini terdapat kepala putik berjumlah antara 3- 5 buah dengan warna putih dan hijau kekuningan. Bulir jantan memiliki panjang 1,5-3 cm.Pada bulir jantan terdapat dua benang sari yang pendek.
  • Buah sirih termasuk kedalam buah buni ( memiliki dinding dengan dua lapisan), bentuk buah bulat dengan warna hijau keabu-abuan.
  • Akar sirih termasuk akar tunggang dengan bentuk bulat serta warna coklat kekuningan.

Kandungan Daun sirih

Tanaman sirih, terutama pada bagian daunnya, mengandung sejumlah zat yang dapat memberikan beberapa manfaat bagi manusia.

Daun sirih memiliki rasa dan aroma khas, yaitu rasa pedas dan bau yang tajam. Rasa dan aroma ini disebabkan dari kavikol dan bethelphenol dalam minyak asitri yg terkandung didalam daun sirih. Selain itu juga, rasa dan aroma ini juga dipengaruhi oleh jenis sirih itu sendiri, umur tanaman, jumlah intensitas sinar matahari yang sampai kebagian daun, serta kondisi dari daun.

Secara umum, daun sirih mengandung minyak asitri yang berisikan senyawa kimia seperti fenol serta senyawa turunannya antara lain kavikol, kavibetol, eugenol, karvacol, dan allipyrocatechol.
Kandungan daun sirih lainnya yaitu karoren, asam nikotinat, riboflavin, tiamin, vitamin C, gula, tannin, patin dan asam amino. Semua zat dan senyawa yang terkandung didalamnya. menjadikan banyak sekali manfaat daun sirih yang bisa anda dapatkan untuk kesehatan tubuh.

Demikian ulasan singkat mengenai morfologi dan kandungan daun sirih, baca artikel selanjutnya tentang manfaat daun sirih untuk obat tradisional dalam menyembuhkan beberapa penyakit.

Sumber http://tanamanobat-herbal.blogspot.com/
Advertisement