MESOTHELIOMANESIA

Penelitian Seputar Manfaat Kulit Manggis

Penelitian Seputar Manfaat Kulit Manggis
Penelitian Seputar Manfaat Kulit Manggis

Manfaat kulit manggis sebagai obat kanker karena kandungan sifat antikanker pada bagian ku Penelitian Seputar Manfaat Kulit Manggis


Penelitian seputar manfaat kulit manggis :: Kandungan xanthone yang terdapat dalam kulit manggis, menjadikan bagian terluar dari buah manggis ini berubah manjadi “benda berharga” dan sering menjadi objek studi para peneliti.

Banyak penelitian telah dilakukan demi mengetahui manfaat kulit manggis bagi kesehatan manusia. Penelitian dilakukan dengan menggunakan ekstrak dari kulit.

Penelitian awal dilakukan pada tahun 2002 oleh Hong et al. dan berhasil mengisolasi beberapa senyawa xanthone dan menguji efek sitotoksisitas pada line kanker hati.

Penelitan selanjutnya dilakukan olah Moongkamdi et al pd tahun 2004. Dalam laporan penelitiannya menyebutkan bahwa ektrak dari kulit manggis menunjukkan aktivitas sangat potensial dalam menghambat proliferasi sel kanker payudara.

Beberapa studi ilmiah juga menunjukkan peranan xanthone sebagai antiinflamasi. Salah satu laporan dari hasil riset yg dilakukan oleh Departemen of Pharmaceutical Biology dari Universitas Tohoku meyebutkan bahwa alpha mangostin dapat menghalangi pembentukan histamin. Histamin sendiri adalah salah satu protein yang berperan dalam berbagai reaksi alergi di tubuh dan menyebabkan peradangan sehingga secara langsung dapat memicu peningkatan tekanan darah.

Manfaat kulit manggis sebagai obat kanker karena kandungan sifat antikanker pada bagian ku Penelitian Seputar Manfaat Kulit Manggis


Para peneliti indonesia pun melakukan penelitian dengan objek ekstrak kulit manggis, salah satunya yang dilakukan oleh Dr Indah Yuliasih, peneliti dari Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB). Dari hasil penelitiannya, diketahui bahwa kulit manggis memiliki 99 khasiat yang sangat baik bagi kesehatan manusia. Dr. indah juga menyebutkan bahwa kandungan xanthone yang terdapat pada kulit manggis bagian dalam memiliki sifat anti-kanker dan antioksidan sangat tinggi.

Riset lainnya tentang manfaat kulit manggis dilakukan oleh peneliti dari universitas andalas yaitu Dachriyanus. Dalam laporan penelitiannya menyebutkan bahwa ektraks kulit manggis sebanyak 30 mg/kg bobot tubuh dapat menurunkan 24,55% kadar kolesterol darah mencit. Ketika dosis dinaikkan menjadi 100 mg, kadar kolesterol juga turun  42,26%.

Demikian sedikit ulasan mengenai beberapa peneltian seputar manfaat kulit manggis, tentunya masih banyak riset yang dilakukan oleh para peneliti yang belum disebutkan diatas. Silahkan anda mencari referensinya di blog sahabat lainnya. kunjungi juga artikel selanjutnya tentang manfaat kulit manggis untuk kecantikan kulit tubuh dan wajah anda.


Sumber http://tanamanobat-herbal.blogspot.com/
Advertisement