MESOTHELIOMANESIA

Klasifikasi Dan Manfaat Asam Jawa Secara Umum

Klasifikasi Dan Manfaat Asam Jawa Secara Umum
Klasifikasi Dan Manfaat Asam Jawa Secara Umum

sejumlah manfaat pohon asam jawa bagi lingkungan hidup baik sebagai peneduh ataupun keinda Klasifikasi Dan Manfaat Asam Jawa Secara Umum

Klasifikasi Dan Manfaat Asam Jawa Secara Umum :: Asam jawa atau dalam bahasa ilimiahnya dikenal dengan nama Tamarindus indica L. merupakan salah satu tanaman daerah tropis dan masuk dalam jenis tanaman berbuah polong.

Tanaman asam jawa memang sangat baik pertumbuhannya didaerah yang memiliki iklim tropis, Tanaman ini di perkirakan berasal dari wilayah afrika timur, penyebarannya hingga asia tropis, karibia dan amerika latin ( wikipedia. Org). Di indonesia sendiri, tanaman ini berkembang secara liar dihutan-hutan. Banyak pula sengaja ditanam untuk keperluan komoditi dan pohon peneduh.

Klasifikasi dan Ciri Umum

Klasifikasi Ilmiah :
  • Kerajaan : Plantae
  • Divisi : Magnoliohyta
  • Klas : Magnoliopsida
  • Ordo : Fabales
  • Famili : Fabaceae
  • Upafamili : Caesalpiniodeae
  • Bangsa : Detarieae
  • Genus : Tamarindus
  • Spesies : T. indica
  • Nama Binomial : Tamarindus indica.  Sumber ( wikipedia. Org)

Nama lain :
Asem ( sunda), Acem (madura), asang jawa, asang jawi (sulawesi), asam ( malaysia), sampalok, kalamagi (tagalong), ma-kham (Thailand), magyee (burma), khoua me (kamboja), khaam (laos), tamarind (inggris), trai me ( Vietnam) dll.

Morfologi :
  1. Memiliki Batang pohon besar, ketinggian tumbuh bisa mencapai 30 m, dengan diameter batang bagian pangkal hingga 2 m. Kulit batang beralur-alur searah vertikal, warna batang coklat keabu-abuan, tekstur kasar dan memecah.
  2. Daun majemuk menyirip, genap, tumbuh memanjang antara 5-13 cm, posisi daun berselang seling, daun penumpu menyerupai pita meruncing, anak daun lonjong menyempit dengan jumlah antara 8-16 pasang, ukuran sekitar 0,5-1 x 1-3,5 cm, tepi daun rata dengan bagian pangkal miring dan membudar.
  3. Bunga tersusun dalam tandan renggang, tumbuh diantara ketiak daun dan ujung ranting, panjang bunga sekitar 16 cm.  kelopak bunga terdiri dari 4 buah dan daun mahkota 5 buah. Bunga beraroma harum, Mahkota bunga berwarna kuning keputihan dengan urat-urat merah coklat, tumbuh memanjang hingga 1,5 cm.
  4. Buah  polong menggelembung, bentuk buah hampir silindris, bengkok, ataupun lurus, Dalam buah terdapat biji sampai 10 butir. Seiring adanya penyempitan antara dua biji, kulit buah akan mengeras dan berubah warna kecoklatan / kelabu bersisik, dengan urat-urat buah buah mengeras dan liat menyerupai benang. Daging buah pada asem muda berwarna putih kehijauan dan akan berubah warna menjadi merah kecoklatan sampai kehitaman ketika buah masak, rasanyapun berubah dari asem menjadi asem manis, biji buah berubah menjadi coklat kehitaman, bentuk agak persegi dengan tekstur keras dan mengkilap.

Manfaat Asam Jawa Secara Umum

Dengan bentuk pohon yang tinggi, rindang, serta berakar kuat, tanaman asem jawa segaja
Ditanam untuk memperindah lingkungan dan pohon peneduh di jalan-jalan kota dan jalan raya. Pohon asam juga bisa berperan sebagai bahan penghijauan dan untuk menahan angin, bisa juga digunakan untuk memperbaiki kawasan yang gersang dan tandus ( Rukmana, 2005).

Batang pohon yang kuat juga bisa dimanfaatkan untuk dibuat kayu sebagai bahan bangunan. Dan tentu saja bagian yang terpenting dari pohon ini yaitu buahnya ,bisa digunakan sebagai bahan rempah dapur dan juga kesehatan.

Baca artikel selanjutnya yang mengulas tentang komposisi kimia dan manfaat asem jawa bagi kesehatan tubuh

Sumber http://tanamanobat-herbal.blogspot.com/
Advertisement