Telusuri

Khasiat Daun Sirsak Atasi Diabetes

Khasiat Daun Sirsak Atasi Diabetes   kadar aman gula dalam darah manusia antara 70 mg/dl sampai 120 mg / dl. Bila lebih dari itu, dapat menimbulkan efek negatif bagi tubuh dan menyebabkan munculnya penyakit kencing manis atau dalam dunia medis dikenal dengan penyakit Diabetes.

 kadar aman gula dalam darah manusia antara  Khasiat Daun Sirsak Atasi Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang tergolong berbahaya,. Penyakit ini umumnya sering diderita oleh mereka yang sudah berusia lanjut dan orang yang mengalami obesitas. Penderita kencing manis mengeluarkan urine dengan kadar glukosa atau gula yang tinggi, hal ini disebabkan menurunnya fungsi ginjal dalam tubuh. Penyebab lainnya yaitu terganggunya sistem metabolisme tubuh, dimana organ pankreas  tidak bisa memproduksi hormon insulin sesuai dengan kebutuhan tubuh. Untuk anda ketahui, insulin berfungsi untuk membantu mengalirkan glukosa masuk kedalam sel, yang pada tahap akhirnya akan diubah menjadi energi atau di simpan sebagai cadangan. Bila kadar insulin berkurang, maka gula tetap  dalam darah sehingga lama kelamaan akan meningkat dan akhirnya tubuh terjangkit diabetes.

Untuk mengatasi diabetes, anda bisa memanfaatkan obat-obatan medis, ataupun dengan menggunakan ramuan obat tradisional. Salah satu bahan ramuan obat herbal yang bisa anda manfaatkan adalah daun sirsak.

Manfaat Daun Sirsak Sebagai Obat Diabetes


Daun sirsak mengandung beberapa zat / senyawa yang bermanfaat  untuk mengobati diabetes, diantaranya : lemak, protein, fruktosa, vitamin A dan B, kalsiumn senyawa alkaloid, flavonoid, saponin, steroid/ triterpenoid dan asetogenin. Dengan semua kandungan zat/ senyawa yang dikandungnya tersebut, daun sirsak memiliki kemampuan untuk menstabilkan kadar gula dalam darah agar tetap berada pada kisaran normal.

Untuk mendapatkan manfaat daun sirsak sebagai obat diabetes, anda terlebih dahulu mengolahnya menjadi ramuan obat dengan menjadikannya sebagai minuman godokan. Cara membuatnya adalah sebagai berikut :
Siapkan daun sirsak yang cukup tua 10-15 lembar, daun sirih merah 3-8-7 lembar, dan dua gelas air putih. Langkah selanjutnya rebus semua bahan sampai airnya menyusut kira-kira satu gelas. Angkat, lalu saring.
Cara penggunaannya yaitu dengan meminum air godokan tersebut dua kali sehari sebanyak satu gelas secara rutin.

Selain untuk diabetes, manfaat daun sirsak lainnya yaitu bisa menstabilkan  kolesterol, mengatasi darah tinggi, dan sebagainya.

Sumber http://tanamanobat-herbal.blogspot.com/