MESOTHELIOMANESIA

Manfaat Jahe Merah Untuk Pengobatan

Manfaat Jahe Merah Untuk Pengobatan
Manfaat Jahe Merah Untuk Pengobatan

 Zingiber officinale atau dikenal dengan nama jahe merah adalah satu suku jahe Manfaat Jahe Merah Untuk Pengobatan

Manfaat Jahe Merah Untuk Pengobatan  Zingiber officinale atau dikenal dengan nama jahe merah adalah satu suku jahe-jahean yang sudah lama dikenal memiliki khasiat cukup baik sebagai salah satu tanaman obat.

Jahe merah memiliki ciri khas pada bagian rimpangnya, dimana rimpang jahe merah berwarna merah, dan juga memiliki rasa pedas yang disebabkan adanya kandungan senyawa keton yang dikenal dengan nama zingeron.

Kandungan Kimia Jahe Merah

Secara umum, jahe merah terbentuk dari 3 komponen penting yaitu minyak atsiri, oleoresin, dan pati. Kandungan minyak atsiri dalam jahe merah adalah tertinggi dari jenis jahe lainnya, yaitu antara 2,58-2,72%. Selain dari ketiga kompoen tersebut, dalam rimpang jahe merah terdapat unsur kimia lainnya seperti : n-nonylaldehyde, d-camphene, d-β phellandrene, methyl heptenone, cineol, d-borneol, geraniol, linalool, acetates dan caprylate, citral, chavicol dan zingiberene.

Manfaat Jahe Merah Untuk Obat

Berkat kandungan minyak atsiri dan oleoresin yang terkandung dalam rimpangnya, menjadikan jahe merah menempati posisi cukup penting dalam dunia pengobatan. Berikut adalah beberapa manfaat jahe merah untuk pengobatan :


  1. Sebagai obat pencahar
  2. Menguatkan lambung
  3. Peluruh masuk angin dan cacing penyebab penyakit
  4. Mengatasi sakit pinggang , encok, dan nyeri otot
  5. Mengatasi masalah pada pencernaan
  6. Mengatasi radang tenggorokan
  7. Sebagai obat asma
  8. Meningkatkan daya penglihatan anda
  9. Mengatasi kurang darah, sakit kusta, borok, dan demam
  10. Meningkatkan sirkulasi darah dari dan ke jantung, sehingga kesehatan jantung akan terjaga.
  11. Meningkatkan stamina tubuh
  12. Merangsang keluarnya ASI pada ibu menyusui
  13. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  14. Meningkatkan nafsu makan.
  15. Mengatasi impotensi pada pria

Selain manfaat diatas, tentunya masih banyak manfaat jahe merah lainnya yang bisa anda dapatkan. Tapi perlu diperhatikan juga, selain bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, Jahe merah sebaiknya tidak dikonsumsi oleh anda yang menderita maag, karena dapat menjadikan lambung anda panas, bagi para ibu hamil juga disarankan untuk tidak mengkonsumsi jahe merah karena dikhawatirkan dapat membahayakan janin yang sedang dikandungnya.

Sumber http://tanamanobat-herbal.blogspot.com/
Advertisement