MESOTHELIOMANESIA

Kandungan Kimia Dan Manfaat Daun Salam

Kandungan Kimia Dan Manfaat Daun Salam
Kandungan Kimia Dan Manfaat Daun Salam

 tentunya sudah mengenal daun salam sebagai salah satu bahan rempah yang sering dimanfaatk Kandungan Kimia Dan Manfaat Daun Salam

Kandungan Kimia Dan Manfaat Daun Salam :: Bagi masyarakat Indonesia, tentunya sudah mengenal daun salam sebagai salah satu bahan rempah yang sering dimanfaatkan untuk menambah aroma dan rasa pada olahan masakan. Siapa sangka, selain bermanfaat untuk rempah dapur, daun salam juga memiliki khasiat yang cukup baik dalam dunia kesehatan.

Daun salam bisa digunakan sebagai ramuan obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit yang menyerang tubuh. Aroma menyengat yang sangat kuat dari daun salam dapat dimanfaatkan untuk mengobati flu yang anda derita. Rasa pahit yang terkandung didalamnya, bisa memberikan efek menenangkan.

Kandungan kimia daun salam

Kemampuan yang dimiliki daun salam, tentunya tidak terlepas dari zat dan senyawa didalamnya, diantaranya serat, minyak asiri, sitral, tannin, flavonoid, metal kavikol, lemak jenuh, pufa, dan mufa. Daun ini juga mengandung vitamin A, B, C, dan D, serta kalsium, zat besi, kalium, dan magnesium.

Ekstrak etanol dari daun salam bersifat antijamur, antibakteri, sedangkan eksrak methanol bersifat anti cacing. Daun salam juga memiliki beberapa senyawa anti kanker yang terdiri dari asam caffeic, quercetin, catechin, dan euganol  yang bermanfaat membatasi metabolisme sel-sel karsinogenik. Terkandung juga parthenolide yang bersifat anti-inflamasi, berfungsi untuk membatasi pertumbuhan sel kanker serviks.

Daun salam mengandung nol kolesterol dan terdapat juga beberapa senyawa yang baik untuk kesehatan jantung anda seperti rutin, salisilat, fitonutrien, dan asam caffeic. Manfaat mengkonsumsi air rebusan dari daun salam dapat meningkatkan kesehatan dan fungsi jantung, serta melindunginya  dari kemungkinan terjangkit jantung koroner.

Kandungan daun salam lainnya yang tidak kalah penting dalam daun salam yaitu berbagai antioksidan dan senyawa antiseptik, seperti α pinene, β pinene, myrcene, limonene, linalool, metil chavicol, neral, α terpineol, gernyl asetat p cymene, euganol, dan chavicol. Semua komponen tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan radikal bebas.

Manfaat daun salam untuk tubuh


Berikut adalah beberapa manfaat daun salam sebagai tanaman obat berkhasiat :
  1. Mencegah berkembangnya sel- sel kanker penyebab kanker payudara, kanker serviks, dan kanker darah ( leukemia ).
  2. Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL)
  3. Menurunkan tekanan darah.
  4. Menstabilkan gula darah
  5. Menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung serta melindunginya dari penyakit
  6. Menjaga kesehatan saluran pencernaan tubuh.
  7. Menghentikan buang air besar yang berlebihan
  8. Mengatasi asam urat dan stroke
  9. Melancarkan peredaran darah
  10. Mengobati radang lambung, diare, maag,  dan gatal-gatal.

Selain baik untuk pengobatan, khasiat daun salam lainnya yaitu dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit tubuh, serta dapat menurunkan berat badan secara alami, menjaga kesehatan rambut dan mencegah tumbuh uban pada usia dini.

Sumber artikel :

Sumber http://tanamanobat-herbal.blogspot.com/
Advertisement