MESOTHELIOMANESIA

Manfaat Daun Kemangi Sebagai obat Herbal

Manfaat Daun Kemangi Sebagai obat Herbal
Manfaat Daun Kemangi Sebagai obat Herbal
Tanaman obat, rabu : Kemangi adalah sejenis tanaman semak kecil yang sering dimanfaatkan bagian daunnya oleh masyakat sebagai lalapan atau bahan rempah, aroma daun kemangi yang khas banyak digunakan untuk meningkatkan rasa dan aroma dari olahan masakan seperti tumisan,dan pepes ( sumber Wikipedia/kemangi ).

 adalah sejenis tanaman semak kecil yang sering dimanfaatkan bagian daunnya oleh masyakat  Manfaat Daun Kemangi Sebagai obat Herbal

Selain berguna sebagai bumbu dapur, manfaat daun kemangi lainnya yaitu bisa dimaksimalkan sebagai obat. Kandungan gizi didalamnya sangat bermanfaat bagi tubuh seperti vitamin ( A, betakaroten, C,dan K ), Mineral ( kalium, kalsium, zat besi, sineol, magnesium, dll), zat dan senyawa penting seperti lutein, zeaxanthin, arginine, terdapat juga minyak esensial seperti estragole, linalool, cineole, eugenol, sabinene, myrcene, dan limonene.

Dengan kandungan yang dimilikinya itu, daun kemangi dapat memberikan manfaat untuk tubuh bila dikonsumsi secara rutin dan teratur, berikut adalah manfaat dari berbagai unsur yang terkandung dalam daun kemangi untuk kesehatan anda baik untuk mencegah ataupun mengobati penyakit.

1. Vitamin.
  • Vitamin A – vitamin ini berperan dalam menjaga kesehatan mata dan melindunginya dari berbagai gangguan yang sering terjadi pada mata.
  • Vitamin C  dan Betakaroten – kandungan keduanya dapat merangsang antibody sehigga dapat meningkatkan daya tahan tubuh,  anti oksidan dan vitamin C dalam daun kemangi berperan dalam menurunkan demam.
  • Vitamin K – Berperan dalam mengaktifkan protein yang memengang peranan penting dalam pertumbuhan jaringan pada tulang rawan. Vitamin K juga memberikan peran yang sangat penting dalam proses pembekuan darah, sehingga dapat mencegah pendarahan.


2. Mineral.

  • Sineol dan magnesium – membantu menstabilkan denyut jantung dan memperlebar pembuluh nadi sehingga peredaran darah menjadi lancar. Magnesium dan betakaroten bisa melindungi dinding sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Kalsium - membantu memperkuat tulang dan gigi

3. Zat Dan Senyawa lainnya
  •  Zat arginine – berperan dalam meningkatkan kesuburan pada pria dan mencegah kemandulan
  • Lutein dan Zeaxanthin -  melindungi mata dari kerusakan sebagai akibat radiasi sinar-sinar yang berbahaya.
  • Minyak esensial – berfungsi menghambat berkembangnya bakteti pathogen yang telah resisten terhadap obat-obatan antibiotic.

Daun kemangi juga bersifat antiinflmasi dan antibakteri, sehingga bisa berfungsi untuk menghilangkan aroma kurang sedap pada mulut dan badan, dan mencegah peradangan pada sendi.

Sumber http://tanamanobat-herbal.blogspot.com/
Advertisement