MESOTHELIOMANESIA

Manfaat Buah Semangka Untuk Tubuh Sehat

Manfaat Buah Semangka Untuk Tubuh Sehat
Manfaat Buah Semangka Untuk Tubuh Sehat

 buah besar dengan warna daging buah merah adalah hal yang tentunya akan anda bayangkan bi Manfaat Buah Semangka Untuk Tubuh Sehat

Manfaat buah semangka untuk tubuh :: buah besar dengan warna daging buah merah adalah hal yang tentunya akan anda bayangkan bila menyebut nama semangka.

Semangka atau Citrullus lanatus adalah satu dari sekian banyak tanaman merambat yang banyak tumbuh di wilayah tropis seperti indonesia. Iklim dan tekstur tanah yang cocok menjadikan tanaman dengan kandungan air cukup tinggi pada buahnya ini bisa tumbuh dengan baik.

Banyak masyarakat mengemari buah berbiji banyak ini, rasanya yang manis, dan kandungan airnya yang tinggi, bisa menghilangkan dahaga dan mengembalikan kesegaran pada tubuh ketika mengkonsumsinya. Makan buah semangka juga dapat memberikan manfaat cukup baik bagi kesehatan. Didalam daging buahnya terkandung gizi cukup banyak dan berguna bagi tubuh, diantaranya mineral ( potassium, belerang, fosfor, sodium,dll ), Vitamin ( A, B1, B6, dan C ), bahan gula dan air.

Manfaat buah semangka bagi kesehatan

Dengan sejumlah kandungan gizinya tersebut, buah semangka dapat memberikan khasiat bagi kesehatan, beberapa manfaat buah semangka antara lain sebagai berikut :

1. Memelihara kesehatan jantung.
Buah semangka kaya akan likopen, zat ini berperan pentig dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung, likopen juga dapat melindungi pembuluh darah dari kolesterol jahat, sehingga aliran darah dari dan ke jantung menjadi lancar, serta tugas jantung dalam memompa darah menjadi normal.

2. Melindungi kulit dari sinar ultraviolet.
Selain baik untuk jantung, likopen dalam buah semangka memiliki manfaat lainnya yaitu menjaga kesehatan kulit. Perpaduan antara likopen, air , dan serat dapat menjadikan kulit tetap lembab. Likopen juga dapat mengurangi penyerapan sinar ultraviolet dari matahari sebesar 40%.

Nutrisi lainnya yang berguna dalam memelihara kecantikan kulit, yaitu vitamin A dnan C. kedua vitamin ini tersedia cukup tinggi dalam buah semangka, dan bisa menjadi sumber nutrisi bagi kulit.

3. Menurunkan Tekanan Darah.
Penelitian yang dilakukan oleh Professor Arturo Figueroa, dari Florida State University Associate, mendapatkan hasil dimana ekstrak semangka dapat menurunkan tekanan darah pada aorta dan jantung.

4. Mencegah dehidrasi
Kandungan air yang banyak dalam buah semangka dapat melindungi tubuh dari dehidrasi ( kondisi tubuh yang kekurangan cairan ).

5. Mengurangi kadar lemak dalam tubuh.
Citruline didalamnya dapat berguna untuk mengurangi jumlah timbunan lemak pada bagian-bagian tubuh, seperti perut, dan lipatan paha.

6. Menjaga kesehatan ginjal.
Konsumsi buah semangka dapat melancarkan aliran urine dalam tubuh. Terdapat juga kalisum yang berguna untuk membersihkan ginjal dari segala macam kotoran seperti racun dan sebagainya.

7. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh.
Kandungan vitamin C dalam buah semangka cukup tinggi, vitamin C dapat berperan dalam membantu meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga tubuh akan memiki daya tahan cukup baik terhadap perubahan cuaca.

8. Memperbaiki jaringan tubuh yang rusak
Dalam buah semangka, terkadungsatu zat yang dinamakan lypocene. Zat ini dapat memacu pertumbuhan dan memperbaiki kerusakan jaringan pada tubuh.

9. Aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.
Keunggulan lainnya dari buah semangka, yaitu aman dikonsumsi oleh anda yang menderita diabetes. Kandungan gula dalam buah semangka adalah gula alami yang aman bagi tubuh. Selain itu, indeks glikemik dalam didalamnya sangatlah rendah, sehingga tidak beresiko menaikkan kadar gula darah. Tapi ada baiknya, bagi penderita diabetes, untuk membatasi jumlah asupan buah semangka yang dikonsumsi.

Selain buahnya yang sangat bermanfaat, bagian terdalam dalam buah semangka, yaitu bijinya, bisa juga anda gunakan sebagai obat untuk mengatasi cacing perut pada sistem pencernaan. Cara pengolahnnya yaitu dengan mengeringkan biji semangka lalu dihaluskan, biji yang telah halus tersebut bisa anda jadikan sebagai teh yang kaya akan manfaat, salah satunya dapat mengurangi cacing pita dalam sistem pencernaan tubuh anda.

Dengan begitu banyak manfaat dalam buah semangka ini ,sepertinya layak sekali bila anda memasukannya sebagai salah satu menu sehat bagi keluarga dirumah.

Sumber http://tanamanobat-herbal.blogspot.com/
Advertisement