MESOTHELIOMANESIA

Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Tomat

Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Tomat
Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Tomat
Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Tomat :: Bagi para ibu rumah tangga, mungkin bila ditanyakan apa manfaat buah tomat. Pasti sebagian besar akan menjawab sebagai bumbu dapur. Tapi bila mengetahui kandungan gizi didalamnya, tentu mereka akan memiliki jawaban lainnya.

 mungkin bila ditanyakan apa manfaat buah tomat Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Tomat

Buah tomat memang sangat populer dikalangan masyarakat dunia, selain sebagai bumbu rempah, buah berwarna merah ketika masak ini juga bisa dimakan langsung ataupun dibuat minuman segar seperti jus. Mengkonsumsi buah tomat secara langsung ataupun dibuat jus, sangat dianjurkan oleh para ahli kesehatan, karena dengan cara tersebut, kandungan gizi didalam buahnya belum rusak sehingga bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh tubuh. Menambahkan sedikit minyak zaitun ketika mengkonsumsi tomat juga disarankan, karena cara ini dapat meningkatkan penyerapan likopen oleh tubuh.

Kandungan Gizi Buah Tomat.

Buah Tomat dikenal kaya akan gizi.Didalam buah yang bernama latin Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum ini terkandung sejumlah gizi dan unsur lainnya yang cukup penting bagi tubuh, diantaranya:  vitamin (A, C, B1, B2, E, dan K), Garam mineral (kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, dll), asam organic ( sitrat, asam maleat ), dan serat ( terletak pada bagian kulit dan biji tomat ) . terdapat juga Lycopen sebagai zat antioksidan yang dapat memberikan perlidungan kepada tubuh terhadap radikal bebas penyebab penyakit.

Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan Tubuh.

Dengan semua kandungan gizi yang penting dan bermanfaat didalamnya, tidak salah bila para ahli kesehatan menganjurkan kepada kita untuk rajin mengkonsumsi buah tomat. Berikut manfaat buah tomat untuk kesehatan tubuh anda.

1. Mencegah dan mengobati penyakit anemia.
Bagi para penderita penyakit anemia, Tomat adalah salah satu jenis buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Hal ini disebabkan buah tomat mengandung zat besi dan vitamin C cukup tinggi. Perpaduan zat besi dan vitamin C didalamnya mampu meningkatkan sintesis hemoglobin dan pembentukan sel darah merah pada tubuh. Jumlah hemoglobin yang cukup dalam tubuh dapat mencegah dan juga mengobati berbagai jenis anemia.

2. Melindungi tubuh dari serangan kanker.
Buah tomat mengandung zat likopen dengan kadar tinggi. Zat ini berperan sebagai antioksidan bagi tubuh, salah satunya dapat melindungi tubuh dari serangan beberapa jenis kanker seperti kanker paru-paru, prostat, dan usus besar. Likopen memiliki aktivitas antioksidan lebih tinggi bila dibandingkan dengan betakaroten.

3. Sebagai anti oksidan.
Selain likopen, buah tomat juga mengandung zat anti oksidan lainnya seperti betakaroten, vitamin C dan selenium. Semua zat antioksidan tersebut dapat membatu melindungi jaringan tubuh dari kerusakan sebagai akibat radikal bebas yang masuk kedalam tubuh anda. Radikal bebas ini bisa menyebabkan terjadinya penuaan dini dan memicu timbulnya berbagai penyakit degenerative kronis.

4. Sebagai detoksifikasi tubuh.
Selain berperan sebagai antioksidan. Buah berasa manis asam ini juga memiliki sifat diuretik yang berguna dalam meningkatkan fungsi pencernaan, dan merangsang fungsi detoksifikasi hati dan ginjal. Proses ini dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan meningkatkan kualitas kesehatan tubuh anda.

5. Menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.
Kandungan vitamin C, kalsium, dan fosfor dalam buah tomat cukuip tinggi. Ketiga komponen tersebut sangat baik dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi dan melindunginya dari pengeroposan.

6. Meningkatkan fungsi alat pencernaan tubuh.
Asam organik dalam buah tomat bermafaat untuk meningkatkan fungsi pencernaan tubuh dengan merangsang saliva dan sekresi lambung, sehingga meningkatkan kemampuan dalam mencernaan beberapa jenis makanan yang kaya akan protein ( seperti ikan, telur, daging, dan produk susu olahan) ,serta makanan kaya pati (seperti nasi, roti, kentang, dan pasta).

7. Menurunkan kadar kolesterol darah.
Kandungan likopen dalam buah tomat, juga berperan dalam melawan akumulasi kolesterol pada dinding arteri, sehingga kadarnya dalam tubuh tidak akan berlebihan.

8. Meningkatkaan kinerja jantung.
Mengkonsumsi buah tomat sangat baik untuk kesehatan jantung anda. Kandungan kalium dalam daging buahnya berperan dalam menurunkan tekanan darah. Kondisi ini dapat mencegah terjadinya oksidasi kolesterol yang merupakan proses pertama pembentukan plak pada saluran pembuluh darah. Hal ini tentu saja memberikan efek positif bagi jantung, dimana kerja jantung dalam memompa darah tidak terlalu berat karena lancarnya saluran darah dari dan kejantung.

9. Konsumsi tomat baik untuk kesehatan kulit.
Likopen, vitamin C, dan betakaroten dalam buah tomat sangat baik dalam melindungi kulit dari efek negatif yang ditimbulkan oleh paparan sinar UV yang berbahaya.


10. Melancarkan Pencernaan Tubuh.
Kandungan serat yang banyak terdapat pada biji dan kulit tomat, sangat baik untuk melancarkan pencernan tubuh, dan juga buang air besar.

Selain yang telah disebutkan diatas, manfaat dari buah tomat lainnya yaitu dapat mengatasi gejala stress, kelelahan, kejang otot, kram, dan kelemahan otot.

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam mengkonsumsi buah tomat. Hindari buah yang belum matang, karena tomat mentah mengandung solanin, yaitu salah satu zat beracun yang dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan seperti mual dan muntah, diare, kram perut, sakit kepala dan pusing. Hindari juga mengkonsumsi tomat kalengan atau memasaknya dengan menggunakan panci/ wajan alumunium, sebab kandungan asam dalam buah tomat dapat bereaksi dengan logam sehingga tubuh bisa keracunan alumunium.

Sumber artikel:


Sumber http://tanamanobat-herbal.blogspot.com/
Advertisement