MESOTHELIOMANESIA

Kandungan Kimia Dan Manfaat Tempuyung Untuk Tubuh

Kandungan Kimia Dan Manfaat Tempuyung Untuk Tubuh
Kandungan Kimia Dan Manfaat Tempuyung Untuk Tubuh
Manfaat Tempuyung Untuk Kesehatan Tubuh – Mengenal sejumlah tanaman obat berikut khasiatnya merupakan pengetahuan yang tentunya sangat berharga. Selain bisa memaksimalkan pemanfaatan tanaman sekitar, penggunaan tanaman yang tergolong obat tersebut, bisa mengurangi ketergantungan kita terhadap obat-obatan medis yang terkadang akan memberikan efek negatif bagi tubuh bila digunakan secara terus menerus.

 berikut khasiatnya merupakan pengetahuan yang tentunya sangat berharga Kandungan Kimia Dan Manfaat Tempuyung Untuk Tubuh

Setelah pada artikel sebelumnya, diulas mengetai ciri-ciri umum tanaman tempuyung, pada kesempatan kali ini,  akan diulas mengenai manfaat tanaman terna tersebut bagi kesehatan tubuh terutama peranannya dalam pengobatan herbal.

 Tempuyung sudah lama digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai bahan ramuan obat. Semua bagian dari tanaman ini bisa diolah menjadi bahan obat yang cukup ampuh untuk mengatasi beberapa penyakit yang menyerang tubuh, diantaranya : Bisul, batu ginjal, disentri, rhematik / gout, peradangan pada usus buntu dan pauyudara, wasir, beser mani, luka bakar,, memar, darah tinggi, pendengaran kurang, dan lainnya.

Kemampuan yang dimiliki oleh tempuyung ini tidak terlepas dari kandungan zat dan senyawa didalamnya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, tempuyung mengandung banyak sekali senyawa kimia penting dan bermanfaat bagi tubuh,diantaranya : flavonoid (kaemferol, luteolin-7-O-glukosida dan apigenin-7-O-glukosida), taraksasterol, kumarin, dan asam fenolat bebas. Sumber lainnya menyebutkan, dalam tanaman tempuyung terdapat senyawa luteolin, flavon, flavonol dan auron.

Untuk mendapatkan manfaat tempuyung sebagai obat, anda bisa mengkonsumsi tempuyung secara langsung yaitu dengna menjadikannya lalapan, ataupun diolah terlebih dahulu sebagai jamu rebusan.

Sumber http://tanamanobat-herbal.blogspot.com/
Advertisement