MESOTHELIOMANESIA

Kebaikan buah tomat untuk kecantikan kulit

Kebaikan buah tomat untuk kecantikan kulit
Kebaikan buah tomat untuk kecantikan kulit
Kebaikan buah tomat untuk kecantikan kulit :: Mengkonsumsi buah tomat memang memberikan banyak sekali manfaat bagi tubuh. Selain bisa menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh, khasiat buah tomat lainnya juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan kulit tubuh dan wajah.

Kebaikan buah tomat untuk kecantikan kulit Kebaikan buah tomat untuk kecantikan kulit

Kemampuan yang dimiliki buah tomat untuk merawat kecantikan kulit ini, memang tidak terlepas dari sejumlah komponen didalamnya, diantaranya vitamin, dan Lycopen sebagai zat antioksidan memberikan banyak sekali kebaikan bagi tubuh.

Manfaat dari buah tomat untuk kulit

Berikut sejumlah manfaat tomat untuk kecantikan kulit tubuh dan wajah anda.

1. Membersihkan sekaligus melembabkan kulit wajah.
Untuk menjadikan buah tomat sebagai pembersih kulit wajah, anda bisa mengunakannya sebagai masker wajah. Cara pembuatan masker dari tomat ini cukup mudah, silahkan hancurkan satu buah tomat matang dengan 1 buah alpukat sampai halus. Kemudian oleskan keseluruh bagian wajah secara merata. Diamkan selama 15-20 menit. Bersihkan dengan air hangat.

Perlu anda perhatikan, tomat mengandung zat asam cukup tinggi. Jadi untuk langkah amannya, sebaiknya anda mencoba masker dari tomat ini pada sebagian kecil kulit dan lihat reaksinya. Jika kulit merasa panas, jangan gunakan masker ini.

2. Mengecilkan pori-pori kulit.
Pori-pori kulit yang besar kurang baik bagi kesehatan, karena memungkinkan masuknya kotoran yang bisa menyebabkan infeksi. Untuk mengecilkan pori-pori kulit dengan buah tomat, caranya cukup sederhana, anda cukup mencampurkan 2 sendok makan jus tomat dengan jus lemon sebanyak 2 tetes dalam wadah kecil, Lalu oleskan pada wajah dengan arah melingkar menggunakan kapas lembut. Diamkan selama 10 menit, lalu basuh dengan air dingin.

3. Menghilangkan masalah jerawat pada wajah.
Kekurang vitamin A dan C merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat pada wajah. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan dua cara pengobatan secara alami, yaitu pengobatan dari dalam dan luar.

Pengobatan dari dalam, anda bisa minum secara rutin jus tomat. Minuman ini kaya akan sejumlah vitamin diantaranya A dan C. untuk mengobati dari luar, silahkan belah dua buah tomat, dan gosokan secara perlahan pada permukaan kulit wajah. Diamkan selama satu jam, kemudian basuh dengan air dingin.

4. Mengurangi kadar minyak pada kulit.
Selain baik untuk mengatasi jerawat, jus tomat dan masker tomat, bisa mengurangi kadar minyak pada kulit wajah.

5. Mengatasi komedo.
Komedo merupakan masalah umum yang banyak dialami terutama pada usia remaja. Keberadaannya pada kulit wajah, tentunya dapat menjadikannya terlihat kurang menarik. Untuk mengatasi komedo ini, anda bisa juga menggunakan masker yang terbuat dari campuran tomat dan alpukat. Disini, buah tomat berperan sebagai penghilang komedo, sedangkan buah alpukat berperan sebagai antiseptic dan pelembab alami.

6. Mengobati kulit yang terbakar akibat sinar UV.
Sinar matahari sering menyebabkan kulit wajah terbakar dengan ditandai munculnya plek hitam, peradangan dan sering dibarengi dengan rasa gatal. Untuk mengurangi efek negatif dari sinar matahari terhadap kulit, anda bisa membuat masker ataupun bahan luluran dari campuran buah tomat dan yogurt. Perpaduan keduanya dapat mendinginkan kulit dan mengembalikan kelembabannya.

Cara membuat masker / bahan luluran dari tomat dan yogurt ini cukup mudah. Hancurkan satu buah tomat dan campur dengan 2 sendok makan yogurt. Lalu oleskan pada bagian kulit wajah, leher, tangan dan kaki.

7. Menjadikan kulit terlihat lebih segar dan bercahaya.
Memiliki kulit segar dan bercahaya tentunya adalah impian anda semua. Untuk mendapatkanya tidak terlalu sulit, silahkan anda manfaatkan jus tomat yang sebelumnya telah dicampur madu. Lalu oleskan pada kulit wajah secara merata, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin sampai bersih.

Selain untuk memelihara kecantikan kulit tubuh dan wajah, tomat juga bisa anda jadikan kondisioner yang baik untuk merawat kesehatan kulit kepala dan menghindarkannya dari berbagai masalah yang sering menimpanya, seperti kulit kepala kering dan gatal.

Untuk mendapatkan manfaat dari buah tomat sebagai kondisioner alami, silahkan oleskan jus tomat secara merata pada bagian kulit kepala setelah anda selesai keramas. Diamkan selama 5 menit, lalu bilas sampai bersih dengan air dingin.

Sumber http://tanamanobat-herbal.blogspot.com/
Advertisement