MESOTHELIOMANESIA

11 Tips Mencegah Diabetes Yang Dapat Anda Lakukan Sekarang

11 Tips Mencegah Diabetes Yang Dapat Anda Lakukan Sekarang
11 Tips Mencegah Diabetes Yang Dapat Anda Lakukan Sekarang
Mencegah diabetes lebih baik dari mengobati 11 Tips Mencegah Diabetes yang Bisa Anda Lakukan Sekarang
Mencegah diabetes lebih baik dari mengobati


Tips Mencegah Diabetes yang Bisa Anda Lakukan Sekarang – Hello guys berjumpa lagi bersama saya dalam cantikitu.com. Setelah sebelumnya saya bagikan bagaimana cara menjaga daya tahan tubuh biar tidak gampang sakit, kali ini saya akan mencoba mengulas sedikit mengenai cara mencegah penyakit diabetes.

Seperti yang kita ketahui bersama, diabetes merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh meningkatnya kadar gula di dalam darah. Meningkatnya kadar gula dalam darah ini disebabkan lantaran sensitivitas hormon insulin yang kurang, terutama dalam memecag glukosa menjadi energi.

Apakah Penyakit Diabetes Bahaya?

Jawabnya yaitu iya. Menurut salah satu survey yang dilakukan oleh tubuh kesehatan internasional (WHO), penyakit diabetes menempati posisi keempat sebagai penyakit mematikan sesudah penyakit jantung, HIV/AIDS, dan penyakiy TBC.

Sedangkan di Indonesia sendiri setidaknya 7 dari 100 orang telah mengidap penyakit diabetes. Baik yang gres memasuki tanda-tanda awal penyakit diabetes ataupun yang sudah menderita cukup parah.

Lebih mengejutkan lagi, hingga ketika ini kemungkinan seseorang untuk bisa sembuh dari penyakit diabetes sangatlah kecil sekali. Oleh lantaran itu, bagi Anda yang belum terkena penyakit mematikan tersebut, segera lakukan cara mencegah penyakit diabetes mulai dari kini juga.

Gejala Umum Menderita Penyakit Diabetes

Ada beberapa tanda yang mengindikasikan bahwa Anda sudah terkena penyakit diabetes. Tanda-tanda seseorang terkena diabetes antara lain seperti:

-Sering mengalami buang air kecil, bahkan hanya selang satu jam.
-Selalu merasa haus, padahal sudah banyak minum
-Selalu merasa lapar, meskipun gres saja makan beberapa menit yang lalu.

Penyakit gula diabetes sanggup menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Meskipun kebanyakan orang dewasa, akan tetapi tidak menutup kemungkinan bawah umur muda juga bisa terjangkit penyakit tersebut.

Terlebih lagi bagi Anda yang mempunyai riwayat keluarga sebagai penderita penyakit diabetes. Menurut para ahli, seorang cucu dari kakek penderita diabetes akan lebih beresiko 6 kali besarnya dari pada seseorang yang bukan dari golongan penderita penyakit diabetes.

Cara Mencegah Penyakit Diabetes Dengan Praktis dan Sederhana


Mencegah diabetes lebih baik dari mengobati 11 Tips Mencegah Diabetes yang Bisa Anda Lakukan Sekarang
Tes darah bantu cegah diabetes semenjak dini


Siapapun Anda, baik yang berasal dari golongan keluarga penderita diabetes ataupun tidak, Anda tidak perlu khawatir. Meskipun penyakit diabetes sangatlah berbahaya, Anda masih bisa melaksanakan pencegahan penyakit tersebut. Ingat “Mencegah lebih baik dari pada mengobati” !

1. Tahu apa itu penyakit diabetes

Langkah mencegah diabetes yang pertama yaitu dengan mengetahui seluk beluk dari penyakit diabetes tersebut. Seperti mengetahui apa tanda-tanda diabetes, penyebab diabetes, kuliner penyebab diabetes, dan masih banyak lagi.

Semakin luas gosip seputar diabetes yang Anda miliki, maka semakin besar dan efektif pula langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan. Anda bisa mencari informasi-informasi seputar penyakit diabetes melalui media internet. Saya juga akan membahasnya di kesempatan mendatang.

2. Mengurangi porsi makan

Lebih dari 50 % penyakit diabetes sanggup muncul disebabkan dari kuliner yang kita konsumsi sehari-hari. Penelitian di University of Chicago Amerika Serikat juga membuktikan, dari 10 orang yang menderita penyakit diabetes 6 diantaranya berasal dari makanan.

Makanan memang sangat beresiko menimbulkan penyakit diabetes, oleh alhasil Anda harus bisa membatasi dan mengurangi porsi makan. Terutama makanan-makanan yang banyak mengandung gula manis.

Adapun makanan-makanan yang wajib Anda hindari antara lain ibarat buah sirsak, buah durian, buah nanas, teh manis, dan banyak sekali kuliner yang mengandung gula tinggi lainnya.

3. Lakukan diet sehat mulai dari sekarang

Diet ternyata tidak hanya berkhasiat untuk menurunkan berat tubuh saja, lebih dari itu diet juga bisa kita jadikan sebagai cara untuk mencegah diabetes. Baik itu mencegah diabetes melitus tipe 1 ataupun 2.

Menurut penelitian yang dilakukan di Havard University, seseorang yang mengalami obesitas (kelebihan berat badan) akan mempunyai potensi terkena diabetes sebesar 35 % dari pada orang normal.

Oleh lantaran itu, mulai kini lakukan diet sehat untuk menurunkan resiko penyakit diabetes. Bacalah cara diet mayo 13 hari dan cara diet sehat seminggu turun 7 Kg yang telah saya sampaikan sebelumnya.

4. Olahraga

Olahraga cukup penting dalam semua hal, baik itu mencegah diabetes ataupun menjaga daya tahan tubuh biar tetap sehat dan bugar. Tanpa adanya olahraga, metabolisme dalam tubuh kita tidak akan bisa berjalan secara optimal.

Seperti yang telah saya kutip dari situs Merdeka, olahraga cukup baik sekali untuk menurunkan kadar gula dalam darah tubuh kita. bahkan dengan berolahraga minimal sehari selama 30 menit, maka akan menciptakan sensitvitas hormon insulin semakin tinggi dalam memecah glukosa atau gula menjadi energi.

Adapun olahraga yang bisa Anda lakukan antara lain ibarat jogging, senam, jalan sehat, yoga, dan masih banyak lagi.

5. Sarapan sangat penting

Apakah setiap harinya teman anggun tidak pernah sarapan? Jika hal benar, maka mulai kini hindari kebiasaan jelek tersebut. Sebab tanpa sarapan, bersama-sama akan menciptakan tubuh membutuhkan asupan gula dan kalori yang berlebih pada siang harinya nanti.

Banyak sekali pakar kesehatan yang selalu mengembor-gemborkan masyarakat biar sering memperhatikan sarapan setiap harinya. Usahakan setiap hari Anda sarapan sebelum pukul 9 pagi. Kalau saya sendiri sarapan sekitar jam 7 pagi sebelum berangkat bekerja.

6. Hindari kuliner berlemak

Junk food dan kuliner yang Anda beli di tepian jalan lainnya sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh, bahkan makanan-makanan tersebut bisa berpotensi meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes yang lebih besar.

Makanan siap saji (instan), gorengan, dan kuliner berlemak lainnya mengandung kadar kolesterol yang cukup tinggi. Dari kadar kolesterol tinggi inilah sensitivitas hormon insulin menurun cukup drastis.

Bahkan ibarat yang diungkapkan oleh DR. OZ, mengonsumsi gorengan secara rutin setiap harinya, maka akan menimbulkan organ pankreas mengalami gangguan berupa kerusakan sel. Padahal organ pankreas itu sendiri merupakan daerah yang berkhasiat untuk mengubah gula menjadi energi.

7. Hindari Minuman-minuman manis

Soda dan minuman berkarbonasi mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Kadar gula tinggi inilah yang berpotensi menimbulkan penyakit diabetes melitus.

Oleh lantaran itu, mencegah diabetes yang baik yaitu dengan menghindari minuman-minuman manis tersebut sebisa mungkin mulai dari sekarang.

8. Makan banyak buah dan sayur

Makan daging memang cukup lezat, tetapi dalam jangka panjang konsumsi daging akan meningkatkan resiko diabetes yang lebih besar.

Mengonsumsi daging bersama-sama boleh-boleh saja guys, akan tetapi cobalah untuk membatasi konsumsi daging tersebut. terlebih daging yang mengandung banyak lemak, ibarat salah satunya daging babi.

Sebagai penggantinya, Anda sanggup mengonsumsi buah dan sayur setiap harinya. Dengan kandungan serat dan nutrisi yang cukup lengkap, buah serta sayuran tersebut akan sangat efektif untuk mencegah diabetes.

9. Hindari stres mulai dari kini juga

Stres merupakan kondisi pikiran yang tertekan akhir banyaknya persoalan dalam kehidupan. Baik itu persoalan ekonomi, percintaan, keluarga, ataupun persoalan pekerjaan.

Kondisi stres dalam waktu yang usang sanggup menimbulkan banyak sekali gangguan kesehatan, yang mana salah satunya menimbulkan munculnya diabetes melitus.

Dengan stres, maka kadar gula dalam darah akan semakin meningkat. Oleh lantaran itu kalau ingin mencegah diabetes, Anda harus menghindari stres mulai dari sekarang.


10. Konsumsi kuliner sehat dan berserat tinggi

Kadar gula dalam darah sanggup terkontrol dengan gampang apabila kita mengonsumsi banyak kuliner berserat dan kaya akan nutrisi. Kandungan serat dipercaya bisa menurunkan kadar gula dalam darah secara optimal.

Sebagai rekomendasi, Anda sanggup mengonsumsi kuliner yang memenuhi 4 sehat dan 5 sempurna, terutama buah dan sayur. Akan tetapi hindari buah sebangsa durian, sirsak, nanas, mangga, dan lainnya. lantaran buah-buahan tersebut mengandung kadar gula cukup tinggi.

11. Tidur yang nyenyak

Tips mencegah diabetes yang terakhir yaitu dengan tidur nyenyak. Beberapa hebat mengungkapkan, setidaknya tidurlah selama 6 jam dalam sehari biar terhindar dari penyakit diabetes melitus.

Nah bagi teman anggun yang setiap harinya begadang terus, mulai kini harap dikurangi sebisa mungkin. Serta usahakan untuk tidur setidaknya 6-8 jam sehari, namun jangan hingga lebih dari 9 jam lantaran itu juga tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Itulah beberapa tips mencegah diabetes yang sanggup saya sajikan pada kesempatan kali ini. Sebelum Anda terjangkit penyakit mematikan nomor 4 di dunia tersebut, lebih baik lakukan langkah-langkah pencegahan diaatas mulai dari kini juga.


Semoga bermanfaat guys... !

Baca juga: 10 Tanda Anda Lebih Beresiko Terkena Diabetes
Advertisement