MESOTHELIOMANESIA

Tata Cara Diet Golongan Darah O Yang Benar Dan Sehat

Tata Cara Diet Golongan Darah O Yang Benar Dan Sehat
Tata Cara Diet Golongan Darah O Yang Benar Dan Sehat
Diet Golongan Darah O – Setiap orang mempunyai golongan darah yang berbeda-beda. Para andal membagi golongan darah tersebut menjadi empat tipe, yakni golongan darah A, B, AB, dan O. Tidak hanya berbeda golongan saja, masing-masing dari tipe tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda.

Salah satu penggerak diet golongan darah yaitu Peter D’Adamo, seorang dokter naturopati yang sudah cukup populer di Amerika. Dia menyakini bahwa karakteristik golongan darah mempengaruhi sistem pencernaan seseorang. Inilah yang menjadi alasan berpengaruh lahirnya diet golongan darah O, A, B, dan AB.

Bagaimana Karakteristik Golongan Darah O?

Sel darah merah dalam golongan darah O kasatmata tidak mempunyai karbohidrat antigen ibarat pada golongan darah A, B, dan AB, tapi ia mempunyai antigen tipe Rhesus. Ringkasnya golongan darah O mempunyai sifat tubuh antara lain:
  • Secara fisik terbukti cukup kuat.
  • Sering mempunyai problem seputar berat badan, entah itu terlalu kurus ataupun kegemukan.
  • Sering mengalami kelelahan.
  • Lebih berisiko mengalami tekanan darah tinggi dan kolesterol.
  • Rentan mengalami gangguan lambung yang disebabkan lantaran tingginya kadar asam lambung.
  • Sistem kekebalan tubuh tergolong cukup baik. Namun meski demikian, pemilik golongan darah ini sangat rentan terkena radang sendi ataupun peradangan lain.

Nah, apakah kau mempunyai karakteristik ibarat diatas?

Tata Cara Diet Golongan Darah O yang Benar dan Sehat

Dr. Peter D’Adamo mengemukakan golongan darah O ialah pemburu binatang laut, alasannya ialah golongan darah ini ialah yang paling bau tanah dibandingkan dengan golongan darah lainnya.

Sehingga sanggup disimpulkan kau pemilik golongan darah O mempunyai sistem pencernaan yang lebih berpengaruh dalam mengolah kuliner laut, yang notabenya tinggi akan kandungan protein hewani.

Meskipun mempunyai sistem pencernaan yang lebih kuat, tapi tidak semua kuliner sanggup dikonsumsi. Dr. Peter D’Adamo menyarankan biar menghindari susu dan produk sejenisnya, lantaran golongan darah ini sangat rentan terkena problem jantung dikemudian hari.

Menu Diet Golongan Darah O dari Dr. Peter D’Adamo

Pada dasarnya sajian diet golongan darah ini dibagi menjadi tiga kategori, pertama kuliner yang wajib dikonsumsi dikala diet, kuliner yang dikonsumsi dalam jumlah cukup (seminggu sekali atau dua kali saja), dan kuliner yang harus dihindari lantaran bersifat racun jikalau masuk kedalam tubuh. 
Daging ikan salmon: sajian terbaik diet golongan darah o
1. Daging

Daging harus diolah dengan cara dipanggang, direbus, atau dikukus, hindarilah mengonsumsi daging gorengan. Selain itu konsumsi juga dilarang melebihi 6 gram sehari, lantaran sanggup menjadikan hiperadisitas.

Daging yang termasuk sajian wajib diet (sering):
  • Ikan salmon
  • Ikan sarden
  • Ikan haring
  • Ikan nila
  • Ikan kod
  • Ikan kembung
  • Daging sapi
  • Daging kerbau
  • Daging Kambing

Daging yang dikonsumsi dalam jumlah cukup:
  • Daging ayam, bebek, dan unggas lainnya
  • Daging kelinci
  • Ikan tongkol dan hiu
  • Kerang, kepiting, lobster, tiram, dan udang

Daging yang harus dihindari dikala diet:
  • Daging babi
  • Daging gurita
  • Iklan lele
  • Daging angsa.

2. Sayuran

Meskipun cenderung menyerap protein hewani dari daging, tapi konsumsi sayur juga tak kalah penting untuk melancarkan metabolisme tubuhmu.

Sayuran termasuk sajian wajib diet (sering dikonsumsi):
  • Brokoli
  • Bawang putih
  • Selada
  • Labu kuning
  • Lobak

Sayuran yang dikonsumsi dalam jumlah cukup:
  • Jahe
  • Bawang merah
  • Paprika
  • Lobak
  • Daun bawang
  • Labu
  • Tomat
  • Singkong Wortel
  • Seledri
  • Ketumbar
  • Timun
  • Timun jepang

Sayuran yang harus kau hindari ketika diet:
  • Terong
  • Kembang kol
  • Jamur
  • Kentang

3. Buah-buahan

Agar tidak terjadi kekurangan nutrisi tubuh dikala diet, sebaiknya perbanyak konsumsi buah-buahan. Tidak semua buah itu baik untuk diet golongan darah O. Patuhi aturannya untuk mendapat hasil terbaik.

Buah yang harus dikonsumsi ketika diet (sering):
  • Buah cerry, baik yang dijus ataupun tidak
  • Plum hijau

Buah yang dikonsumsi dalam jumlah masuk akal (cukup):
  • Buah berry dan sejenisnya
  • Buah pepaya
  • Apel
  • Pir
  • Persik
  • Mangga
  • Melon
  • Buah kaya vitamin C ibarat jambu biji, kiwi, anggur, dsb.

Buah yang harus kau hindari dikala diet:
  • Beri hitam
  • Stroberi
  • Pisang raja
  • Kelapa
  • Blewah
  • Jeruk
  • Alpukat

3. Kacang-kacangan

Kacang yang dikonsumsi cukup dikala diet:
  • Kacang hijau
  • Kacang hitam

Kacang yang harus kau hindari:
  • Kacang merah
  • Kacang dari buncis

Arahan Jenis Olahraga Diet Golongan Darah O

Tidak hanya sekedar mengatur contoh makan sehat saja, diet golongan darah juga disarankan mengenai bagaimana seseorang harus mengolah fisiknya.

Bagi kau yang mempunyai golongan darah O, akan sangat sempurna apabila melaksanakan olahraga yang membutuhkan kekuatan. Misalnya ibarat jogging, bersepeda, lompat tali, naik-turun tangga, dan sejenisnya.

Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan, tapi lebih dari itu acara fisik semacam ini juga baik untuk mengurangi lemak dalam tubuh.

Teori Diet Golongan Darah Dr. Peter D’Adamo

 Setiap orang mempunyai golongan darah yang berbeda Tata Cara Diet Golongan Darah O yang Benar dan Sehat

Dr. Peter D’Adamo mengemukakan teori diet golongan darah tersebut kedalam sebuah bukunya yang berjudul “Eat Right For Your Type”. Inti dari teori yang dikemukakan ia adalah, tiap golongan darah akan mencerna lektin (sejenis protein) secara berbeda.

Jika kandungan lektin tidak sesuai dengan golongan darah, maka sanggup memicu banyak sekali problem ibarat perut kembung, peradangan, melambatnya metabolisme, dan bahkan penyakit kanker. Meskipun teorinya sudah cukup terkenal, tapi sampai kini belum ada bukti ilmiah dalam dunia kedokteran.

Hati-hati: Risiko Diet Golongan Darah

Diet golongan darah ini sebaiknya lebih diwaspadai jikalau diterapkan pada penderita penyakit tertentu, contohnya penyakit ginjal dan diabetes.

Perlu kau ingat, cara diet golongan darah ini tidak mempertimbangkan kondisi kesehatan seseorang secara keseluruhan, namun hanya berpaku pada satu faktor, yakni golongan darah. Selain itu, contoh makan juga tidak mempertimbangkan faktor kolesterol dan tekanan darah seseorang.

Kemungkinan penurunan berat tubuh yang terjadi lantaran pelakunya mengurangi konsumsi kuliner cepat saji dan mengandung banyak gula. Ini berarti keberhasilan menurunkan berat tubuh bukan dari golongan darah, tapi pilihan makanan.

Risiko yang mungkin akan kau alami dikala melaksanakan diet golongan darah ini ialah kekurangan nutrisi. Misalnya saja osteoporosis yang muncul lantaran kekurangan kalsium, anemia lantaran kekurangan zat besi, dan banyak sekali defisiensi vitamin lainnya.

Oleh alasannya ialah itu, sebelum kau menjalani diet golongan darah O diatas sebaiknya konsultasikan dulu kepada andal gizi atau dokter untuk mendapat saran terbaik. Semoga bermanfaat..

Advertisement