MESOTHELIOMANESIA

14 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

14 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui
14 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui
Manfaat daun salam sudah dikenal semenjak dulu oleh orang-orang Yunani sampai kemudian tersebar disebagian benua Eropa dan Amerika. Daun ini dimanfaatkan dengan cara yang berbeda-beda disetiap negara.

Di India dan Pakistan misalnya, daun salam dipakai untuk menciptakan pewangi (parfum). Sedangkan di negara kita, daun salam sering dipakai untuk kuliner terutama yang berbau daging.Aromanya yang khasmenjadi daya tarik tersendiri.


Manfaat daun salam sudah dikenal semenjak dulu oleh orang 14 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Kandungan Gizi Daun Salam
  • Mengandung minyak essensialyang mempunyai eugenol dan metil kavikol
  • Kandungan ekstrak etanol bersifat anti-bakterial dan anti-jamur
  • Ekstrak metanol yang sanggup membunuh cacing
  • Beberapa kandungan kimia menyerupai flavonoid, tannin, dan minyak atsiri
  • Vitamin B kompleks dan vitamin C yang baik untuk kekebalan tubuh.

Khasiat Daun Salam untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Dikenal dengan nama latin syzygium polyanthum, daun salam ternyata mempunyai manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Tak hanya mencegah penyakit saja, daun ini pun juga sanggup mengobati beberapa penyakit berbahaya.

Apa sajakah manfaat daun salam untuk kesehatan itu?

1. Mencegah dan mengobati kanker mematikan

Di masa lalu, bangsa Yunani memakai daun salam untuk banyak sekali pengobatan. Mulai dari merangsang keluarnya cairan empedu, mengeluarkan keringat, sampai menangani kanker yang mematikan.

Setelah diteliti, ternyata daun salam mempunyai kandungan antioksidan tinggi yang sanggup mencegah radikal bebas penyebab kerusakan sel, menyerupai kanker. Nah bagi kau yang ingin terhindar dari kanker tak ada salahnya mencoba daun ini.

2. Mengobati nyeri sendi akhir asam urat – rematik

Banyaknya konsumsi purin yang masuk dalam tubuhmu sanggup memicu munculnya asam urat atau rematik. Hampir 70 % lebih penyakit asam urat diderita oleh para lansia.

Meski kebanyakan diderita para orang tua, tapi selagi muda kau juga wajib mencegahnya. Untuk menurunkan kadar asam urat dalam badan konsumsilah segelas air rebusan daun salam setiap harinya.

3. Menurunkan kolesterol

Kolesterol terbagi menjadi dua jenis, kolesterol baik dan kolesterol jahat. Sesuai dengan namanya, sifat kedua kolesterol ini berbeda.

Bila yang jahat lebih tinggi, maka tubuhmu akan sangat gampang terjangkit penyakit menyerupai hipertensi, stroke, dan bahkan serangan jantung.

Beberapa mahir medis percaya kalau rebusan daun salam sanggup membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Jadi, konsumsilah secara rutin biar badan tetap sehat.

4. Mengurangi kadar gula darah

Meningkatnya kadar gula darah dalam badan sanggup disebabkan lantaran teladan hidup yang kurang sehat. Jika kadar gula darah tinggi dibiarkan dalam waktu lama, maka kau akan terjangkit diabetes melitus.

Daun salam mempunyai kandungan kalium dan mineral lengkap yang sanggup membantu menurunkan kadar gula darah. Sehingga daun ini sangat mujarab untuk mencegah penyakit diabetes (kencing manis).

5. Mengobati diare dan merawat sistem pencernaan

Manfaat daun salam selanjutnya yaitu mengobati diare. Ya, daun salam mempunyai etanol yang sanggup membunuh basil penyebab diare (mencret).

Selain itu, kandungan metanolnya juga efektif untuk membunuh cacing di perut. Ini sangat cocok untuk mengobati cacingan yang sering terjadi pada anak-anak.

6. Menghilangkan kutu, kecoa, dan lalat

Daun salam termasuk kedalam obat kutu herbal yang sudah ada semenjak dulu. Selain mengobati kutu, ekstrak daun ini juga sanggup membantu mengusir serangga menyerupai lalat dan kecoa.

Caranya sangat gampang sekali. Rebus daun salam secukupnya, kemudian gunakan ke area rambut untuk menghilangkan kutu. Sedangkan untuk mengusir serangga semprotkan air rebusannya ke area berkumpulnya binatang tersebut.

7. Mengobati radang tenggorokan

Cuaca panas kadang menciptakan kita mengalami radang tenggorokan. Namun kau tak perlu cemas, daun salam mempunyai sifat anti-inflamasi yang mempunyai kegunaan untuk mengobati peradangan.

Tidak hanya radang tenggorokan saja, peradangan lain menyerupai akhir luka baru, jerawat, paparan sinar matahari, dan lainnya juga sanggup kau sembuhkan dengan daun ini.

Caranya dengan merebus daun salam secukupnya kemudian konsumsi secara rutin atau basuhkan ke area kulit yang meradang.

8. Memutihkan gigi

Sebelum ada pasta gigi menyerupai kini ini, nenek moyang kita dulu memakai daun salam untuk menjaga kesehatan gigi mereka. Ternyata memang benar, daun ini sanggup membantu meningkatkan kecerahan warna gigi lho.

Cara memutihkan gigi dengan daun salam:
  • Keringkan daun salam bersama kulit jeruk
  • Tumbuk kedua materi tersebut sampai halus, kemudian campur sedikit air hangat
  • Gunakan adonan tadi menyerupai pasta gigi pada umumnya.

Note: jangan terlalu sering memakai daun salam untuk menyikat gigi. Karena ia sanggup menyebabkan munculnya rasa ngilu.

9. Mengobati mata merah dan iritasi

Mata merah sanggup disebabkan lantaran banyak sekali faktor. Mulai dari terkena debu, terlalu usang di depan komputer, iritasi, peradangan, dan bahkan penyakit. Untuk mengobatinya kau sanggup memakai air rebusan daun salam.

Caranya cukup dengan membasuhkan ke area mata secara merata. Kandungan vitamin dalam daun ini dipercaya sanggup meredakan mata merah.

Manfaat daun salam lainnya:

Manfaat daun salam sudah dikenal semenjak dulu oleh orang 14 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

10. Di India Barat, selain dipakai untuk masakan, daun salam juga dipakai untuk menciptakan pewangi.

11. Kandungan etanol dan metanolnya dipercaya sanggup membantu menghilangkan ketombe membandel di kulit kepala.

12. Yang sedang terkenal daun salam sering dipakai sebagai dekorasi, menyerupai dalam hiasan ruangan.

13. Minyak ekstrak daun salam sanggup menjadi materi pembuatan deterjen, kosmetik, dan sabun.

14. Daun salam sanggup menjadi obat pereda rasa sakit.

Cara Memilih Daun Salam untuk Diolah Sebagai Obat Tradisional
  • Pilihlah yang daunnya cukup lebar, warnanya hijau cerah dan segar
  • Untuk daun kering pilih yang tidak gampang patah dan tidak berlubang.

Penting: Belum ada penelitian yang mengungkap tingkat keamanan konsumsi ekstrak daun salam bagi ibu hamil, menyusui, dan bayi. Oleh lantaran itu, lebih baik konsultasikan dulu ke dokter sebelum mengonsumsinya.

Itulah beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan yang luar biasa. Apabila ada yang kurang terang eksklusif saja kirim pertanyaanmu ke kolom komentar di bawah. Selamat mencoba dan jangan lupa share artikel ini kalau bermanfaat.

Advertisement