MESOTHELIOMANESIA

22 Makanan Yang Mengandung Vitamin A Tinggi

22 Makanan Yang Mengandung Vitamin A Tinggi
22 Makanan Yang Mengandung Vitamin A Tinggi
Makanan yang Mengandung Sumber Vitamin A – Vitamin, itulah kata yang sangat akrab kaitannya dengan dunia kesehatan. Manusia intinya memerlukan vitamin semoga organ badan sanggup terpelihara dengan baik. Setiap jenis vitamin memilikin peranan yang berbeda-beda, contohnya vitamin A yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dari dampak radikal bebas.

Sumber vitamin A ada banyak sekali. Makanan yang mengandung vitamin A bisa berasal dari sayuran, buah, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi. Idealnya orang cendekia balig cukup akal harus mengonsumsi minimal 5000 IU dalam sehari. Vitamin tersebut tak hanya bermanfaat untuk mata saja, tetapi juga bisa bertindak sebagai antioksidan penting untuk menangkal radikal bebas.

Konsumsi vitamin A tak hanya penting bagi orang cendekia balig cukup akal saja, namun untuk ibu hamil dan belum dewasa pun juga sangat penting. Vitamin A pada ibu hamil berperan untuk meningkatkan tumbuh kembang janin dalam kandungan. Sedangkan untuk belum dewasa sangat bermanfaat untuk meningkatkan ketajaman penglihatan. Berikut beberapa kuliner yang mengandung vitamin A tinggi, silahkan kau pilih sesuai selera masing-masing.

Makanan Mengandung Sumber Vitamin A Tinggi

Makanan yang Mengandung Sumber Vitamin A  22 Makanan yang Mengandung Vitamin A Tinggi


1. Wortel

Siapa yang tak kenal dengan wortel? Dia yakni kuliner kesukaan kelinci yang terkenal dengan kandungan vitamin A tinggi. Inilah alasan kenapa kelinci mempunyai penglihatan yang cukup tajam, terutama ketika melihat ancaman yang mengancam dirinya.

Manfaat wortel ada banyak sekali bagi kesehatan. Sayur berwarna oranye ini mengandung kalium tinggi yang cukup bermanfaat untuk menurunkan hipertensi (tekanan darah tinggi), mengurangi nyeri mens, dan bahkan bisa kau gunakan untuk membuat masker wajah alami.

2. Cabai merah

Banyak orang yang menganggap cabe sangat jelek bagi kesehatan, terutama kesehatan belahan pencernaan. Setelah diteliti lebih jauh, ternyata cabe merah mengandung sumber vitamin A cukup tinggi.

Kandungan vitamin tersebut sanggup melancarkan sistem peredaran darah, meningkatkan penglihatan mata, metabolisme tubuh, dan lain sebagainya. Pastikan sehari konsumsi cabe merah secukupnya saja, semoga perut kau tidak terasa mulas.

3. Bayam

Sumber vitamin A selanjutnya yakni bayam. Sayur jenis ini mungkin lebih dikenal sebagai makanan yang mengandung zat besi, namun faktanya bayam juga mengandung vitamin A yang bisa mencukupi 49 % kebutuhan harian kamu. Konsumsilah bayam minimal 1 ikat sehari untuk mendapat manfaat luar biasa yang terkandung di dalamnya.

4. Tomat

Tomat mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Buah yang biasa diolah menjadi sup segar ini mengandung vitamin A cukup tinggi. Konsumsi buah tomat berukuran sedang sanggup mencukupi kebutuhan vitamin A sebesar 20 % sehari.

Manfaat tomat semakin lengkap dengan adanya kandungan likopen dan vitamin C. Kedua nutrisi tersebut sanggup bertindak layaknya antioksidan dalam menangkal radikal berbahaya penyebab penyakit.

5. Selada

Di kalangan ibu rumah tangga tentu sudah tak abnormal lagi dengan selada. Biasanya selada banyak dimanfaatkan untuk menciptakan kuliner berkuah. Menurut para hebat satu cangkir selada sanggup mencukupi 361 IU vitamin A dan 10 kalori untuk tubuh. Maka dari itu, mulai kini jangan ragu lagi memasukan selada ke setiap kuliner yang kau buat.

6. Ubi jalar

Banyak orang yang menganggap sayur bervitamin A paling tinggi yakni wortel, tetapi sesungguhnya bukan. Wortel hanya bisa mencukupi 200 % kebutuhan vitamin A harian, sedangkan ubi jalar sendiri bisa menunjukkan 438 % kebutuhan vitamin A untuk ukuran sedang.

Setiap ubi jalar berukuran sedang mengandung vitamin A sebesar 21909 IU. Kandungan vitamin tersebut semakin tepat dengan adanya mineral-mineral alami ibarat kalium, magnesium, dan kalsium yang baik untuk tubuh.

7. Lada merah

Lada merah juga termasuk kuliner yang mengandung vitamin A tinggi. Setiap konsumsi 1 sendok makan lada merah, maka kau akan memperoleh asupan vitamin A sebesar 2018 IU alias 42 % dari kebutuhan harian. Kamu bisa mengonsumsi lada merah dengan memasukannya kedalam setiap masakan.

8. Paprika

Masih di kategori bumbu dapur, ada paprika yang bisa mencukupi kebutuhan vitamin A sebesar 69 % harian. Selain mengandung vitamin A, ternyata paprika juga mempunyai kandungan kalsiu, kalium, dan vitamin C yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

9. Kemangi kering

Biasanya kemangi dipakai sebagai lalapan ketika kita mengonsumsi ayam bakar ataupun lele bakar. Kemangi ini sangat bermanfaat untuk mencegah amis keringat lantaran mengandung antibakterial tinggi.

Namun ternyata kemangi juga mengandung vitamin A cukup besar. Menurut para hebat gizi, setiap 100 gramnya bisa mencukupi 744 IU kebutuhan vitamin A bagi tubuh. Agar maksimal, kau bisa mengonsumsi kemangi kering secara rutin setiap harinya.

10. Lobak

Makanan yang mengandung vitamin A berikutnya yakni lobak. Setiap satu cangkir lobak yang sudah dicincang mengandung 6373 IU vitamin A. Selain itu, lobak juga mempunyai kandungan kalium yang cukup bermanfaat untuk melancarkan sistem peredaran darah badan kita.

11. Paprika merah

Sebenarnya semua jenis paprika mengandung vitamin A tinggi, namun yang paling tinggi yakni paprika merah. Jenis ini bisa mencukupi 75 % DV atau sebesar 3726 IU vitamin A setiap konsumsi dalam ukuran sedang. Cukup konsumsi sehari satu saja kau sudah bisa mencukupi kebutuhan vitamin A.

12. Mangga

Mangga termasuk buah yang mengandung vitamin A tinggi. Setiap secangkir buah mangga bisa mencukupi 36 % kebutuhan vitamin A harian dengan kandungan mencapai 1785 IU. Agar tidak bosan, kau bisa menciptakan jus mangga segar setiap ingin mengonsumsinya.

13. Blewah

Blewah dikenal sebagai buah yang mengandung rendah lemak dan kalori. Ternyata setiap konsumsi 1/8 bagian, buah blewah ini bisa menunjukkan 5986 IU vitamin A. Tentunya sudah bisa mencukupi kebutuhan harian kamu.

14. Buah aprikot kering

Mungkin beberapa diantara kita masing abnormal mendengar ‘buah aprikot’. Buah ini sesungguhnya sudah cukup terkenal di luar negeri, tetapi di Indonesia masih jarang kita temui. Konsumsi satu cangkir buah aprikot kering bisa mencukupi 94 % dari jumlah rata-rata keperluan vitamin A harian.

15. Buah pepaya

Pepaya merupakan buah yang mengandung serat cukup tinggi. Kandungan serat tersebut bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dan mendukung kegiatan diet sehat. Namun selain itu, ternyata buah ini juga bisa mencukupi 1444 IU vitamin A (29 % DV).

Selengkapnya: manfaat pepaya

16. Buah naga

Buah naga indentik dengan buah khas masyarakat Tionghoa. Di negara China buah ini dipakai untuk persembahan dan upacara adat, sedangkan di Indonesia masih menjadi buah impor yang mempunyai harga cukup mahal. Meski mahal, konsumsi buah naga tidaklah rugi lantaran mengandung banyak sekali nutrisi.

17. Butternut squash

Warna kuning-oranye yang dihasilkan oleh butternut squash menjadi tanda bahwa ia mengandung beta karoten tinggi, kandungan inilah yang nantinya akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Dalam secangkir kuliner ini bisa mencukupi 22868 IU vitamin A harian.

18. Kacang polong

Apakah kau suka ngemil kacang polong? Kacang jenis ini mengandung vitamin A yang cukup besar. Setiap setengah cangkir kacang polong bisa mencukupi 134 % dari rata-rata kebutuhan vitamin A harian.

19. Minyak hati ikan Kod

Minyak hati ikan kod sesungguhnya mempunyai banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ia mengandung nutrisi mulai dari mineral alami, omega 3, vitamin A, dan D. Setiap konsumsi 1 sendok makan minyak hati ikan kod, maka kau telah menunjukkan badan 14000 IU vitamin A.

20. Hati kalkun

Berbicara mengenai kuliner yang mengandung vitamin A, tak lengkap rasanya apabila tak menyebutkan hati kalkun. Pasalnya, hati kalkun bisa menunjukkan vitamin A sebesar 75333 IU (per 100 gram) alias 1507 % harian. Asupan vitamin A yang besar inilah menciptakan banyak perusahaan obat mengekstrak hati kalkun menjadi herbal multivitamin.

21. Hati sapi

Tak hanya hati kalkun, kau pun bisa mendapat sumber vitamin A tinggi dari hati sapi. Meskipun tak setinggi kalkun, tetapi hati sapi setiap 100 gramnya bisa menyediakan 16898 IU atau 300 % kebutuhan vitamin A harian.

22. Susu

Makanan yang mengandung vitamin A terakhir yakni susu dan produknya. Mungkin susu lebih dikenal sebagai sumber kalsium dan vitamin D yang baik bagi tulang, namun faktanya konsumsi secangkir susu bisa menunjukkan 395 IU vitamin A.

Oleh alasannya yakni itu, pastikan kau selalu konsumsi susu setiap harian. Agar tak bosan kau juga bisa mengonsumsi produk olahannya ibarat ice cream, yoghurt, keju, dan sebagainya.

Sebaiknya kau konsumsi kuliner sumber vitamin A diatas secara rutin setiap harinya. Apabila badan tidak mendapat vitamin yang cukup, maka akan mengakibatkan banyak sekali gangguan dan penyakit. Sedangkan khusus untuk ibu hamil dan belum dewasa balita, sebaiknya konsultasikan dulu mengenai takaran vitamin A yang tepat untuk setiap harinya. Semoga bermanfaat!

***

Menarik dan bermanfaat? Bantu share yuk!

Advertisement