MESOTHELIOMANESIA

40 Masakan Yang Mengandung Vitamin B Kompleks

40 Masakan Yang Mengandung Vitamin B Kompleks
40 Masakan Yang Mengandung Vitamin B Kompleks
Makanan yang Mengandung Vitamin B Kompleks – Vitamin B kompleks merupakan adonan dari 8 jenis vitamin B yang mempunyai sifat larut dalam air. Kedelapan vitamin tersebut antara lain Thiamin (B1), Riboflavin (B2), Niasin (B3), Asam Pantotenat (B5), Piridoksin (B6), Asam Folat (B9), Biotin (B7), dan Kobalamin (B12). Bila konsumsi vitamin B berlebihan, maka akan diminimalisir dalam bentuk urine, sehingga tak berbahaya bagi kesehatan tubuh.


Gambar by HealthCastle.com

Pada dasarnya tubuh kita tak bisa memproduksi vitamin B kompleks. Oleh lantaran itulah, kita wajib mencukupi melalui konsumsi masakan sumber vitamin B. Setiap orang mempunyai kebutuhan vitamin yang berbeda-beda, kau harus mencukupi kebutuhan vitamin ini setiap harinya semoga tubuh tetap sehat.

Sumber vitamin B bisa berasal dari sayur, buah, kacang-kacangan, dan lainnya. Berikut beberapa masakan yang mengandung vitamin B kompleks tinggi.

Makanan Mengandung Sumber Vitamin B dari Sayuran

Makanan yang Mengandung Vitamin B Kompleks 40 Makanan yang Mengandung Vitamin B Kompleks
1. Asparagus

Asparagus termasuk jenis sayuran dari family Lily (Liliceae) yang mencakup bawang putih dan bawang merah. Sayuran ini sudah dikenal semenjak tahun 2000 di dataran Mediterania sebagai tumbuhan obat-obatan.

Nama asparagus diambil dari bahasa Yunani yang berarti tunas. Tanaman ini tak hanya sebagai sumber vitamin B saja, tetapi juga mengandung asam folat dan vitamin K yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

2. Jamur

Jamur menjadi jenis masakan yang baru-baru ini disukai oleh banyak kalangan masyarakat. Jamur ada berbagai jenisnya mulai dari jamur shitake, jamur kancing, jamur tiram, jamur merang, dan lain sebagainya.

Beberapa orang mungkin menganggap jamur menjijikan, padahal gotong royong sangat bermanfaat untuk kesehatan. Konsumsi jamur minimal satu cangkir secara rutin bisa mencukupi kebutuhan vitamin B kompleks tubuh kamu.

3. Peterseli

Peterseli sekilas seolah-olah dengan tumbuhan seledri. Bahkan lantaran peterseli cukup mirip, ia sering dipakai sebagai pengganti seledri dalam masakan. Tanaman ini mempunyai kandungan vitamin B kompleks yang cukup baik bagi kesehatan.

Tidak hanya termasuk sumber vitamin B saja, peterseli juga mengandung luteolin yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan vitamin C yang membantu sistem kekebalan. Kamu bisa konsumsi peterseli rutin untuk mendapat semua manfaat luar biasa tersebut.

4. Kentang

Hampir semua orang niscaya sudah mengenal kentang. Biasanya kentang banyak dijadikan sebagai cemilan ringan dan dijual oleh para pedagang. Namun siapa sangka, ternyata kentang juga termasuk sumber vitamin B tinggi.

Vitamin paling tinggi yang terdapat pada kentang ialah vitamin B6. Jenis vitamin ini bisa mencegah munculnya prostat pada laki-laki dan wanita. Bahkan jikalau kau konsumsi 1 buahnya secara rutin, akan sangat efektif untuk cegah tumor.

5. Bayam

Bayam atau dalam bahasa latin disebut dengan Amaranthus spp, merupakan jenis sayuran yang cukup terkenal di tanah air. Bayam biasanya dikonsumsi oleh masyarakat pada potongan daunnya dalam bentuk sup segar.

Bayam tak hanya sebagai sumber vitamin B kompleks saja, tetapi juga termasuk masakan yang mengandung zat besi tinggi. Konsumsi satu ikat bayam secara rutin, akan menciptakan hidup lebih sehat.

6. Biji bunga matahari

Apakah kau suka ngemil kwaci? Itu loh masakan yang berasal dari biji bunga matahari. Yup, ternyata biji bunga matahari mengandung vitamin B tinggi. Sebenarnya biji bunga matahari berasal dari Amerika Tengah, namun semenjak adanya perdagangan oleh para pelaut tumbuhan ini menyebar ke tanah air.

Manfaat biji bunga matahari banyak sekali. Selain sebagai sumber vitamin B kompleks, beliau juga mempunyai kandungan vitamin E yang bisa menjadi antioksidan, pitosterol yang bisa menurunkan kolesterol, dan magnesium yang bermanfaat untuk 
memelihara tulang serta otot tubuh.

7. Sawi Hijau

Makanan yang mengandung vitamin B selanjutnya ialah sawi hijau. Ia merupakan jenis sayuran yang sering ditumis oleh para ibu rumah tangga. Rasanya yang gurih dan segar mungkin menjadi alasan sayuran ini cukup diminati.

Sawi hijau mengandung vitamin B kompleks yang baik untuk memelihara organ tubuh. Selain itu sawi juga mempunyai kandungan vitamin K yang membantu perembesan kalsium, serat yang baik untuk pencernaan, dan antioksidan yang bisa mengeluarkan racun dalam tubuh.

8. Brokoli

Brokoli termasuk jenis sayur yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Tanaman ini sudah menjadi materi pangan semenjak tahun 1970-an. Sebelumnya, brokoli berasal dari Laut Tengah yang dibawa masuk ke Indonesia oleh penjajah.

Sumber vitamin B6 pada brokoli bisa menjaga kesehatan kardiovaskuler tubuh kita. Mulai dari kesehatan jantung, sistem peredaran darah, paru, dan lain sebagainya. Bahkan kandungan seratnya yang tinggi bisa kau gunakan sebagai masakan diet penurunan berat badan.

9. Wortel

Mungkin kau lebih mengenal wortel sebagai sumber vitamin A. Memang sayur oranye ini mengandung vitamin A tinggi, tetapi gotong royong ia juga mempunyai kandungan vitamin B kompleks yang cukup bermanfaat bagi tubuh.

Penlitian di Harvard University mengambarkan manfaat luar biasa dari wortel. Kandungan vitamin B dalam wortel yang dikonsumsi 5x seminggu ternyata bisa mencegah stroke sebesar 68 %.

10. Terong

Terong atau terung merupakan jenis sayuran yang berasal dari Sri Lanka dan India. Tanaman ini masuk ke Indonesia sudah bertahun-tahun silam. Warna terong ialah ungu gelap hingga terang. Meskipun banyak menganggap sepele, gotong royong terong mempunyai kandungan nutrisi cukup lengkap.

Terong tak hanya bertindak sebagai sumber vitamin B kompleks saja. Namun ia juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan, zat besi untuk cegah anemia, dan kolesterol baik yang bisa menurunkan kolesterol jahat. Inilah mengapa banyak orang yang lebih menentukan konsumsi sayur terong.

11. Klabet

Kelabat alias klabet atau fenugreek, merupakan tumbuhan yang daunnya sering dipakai sebagai obat herbal dan bijinya untuk rempah-rempah. Biasanya klabet ini dijadikan sebagai bumbu kari atau kare.

Manfaat klabet ada banyak sekali, termasuk salah satunya yang paling tinggi ialah bisa meningkatkan produksi ASI hingga 900 %. Manfaat luar biasanya ini disebabkan lantaran klabet mengandung stimulator potent.

12. Kubis

Sayuran sumber vitamin B terakhir ialah kubis. Mungkin kubis banyak kau konsumsi dalam bentuk lapapan dan olahan sup. Ternyata kubis mengandung vitamin B tinggi yang bisa mencukupi kebutuhan harian.

Termasuk kedalam jenis sayuran bernutrisi, kubis mengandung bermacam-macam mineral alami. Mulai dari zat besi, kalium, kalsium, dan masih banyak lagi. Konsumsilah secara rutin semoga mendapat semua nutrisi tersebut.

Makanan yang Mengandung Vitamin B Kompleks dari Biji-bijian


Makanan yang Mengandung Vitamin B Kompleks 40 Makanan yang Mengandung Vitamin B Kompleks
Gambar by food.detik.com

13. Kacang almond: merupakan jenis kacang yang mengandung lemak baik tinggi. Konsumsi rutin bisa membantu mencukupi kebutuhan vitamin B harian.

14. Kacang pecan: kacang ini biasanya dipakai untuk isian kue, pie, dan cemilan lain. Dia cukup terkenal sekali di Amerika Serikat.

15. Kacang lentil: merupakan kacang berasal dari tumbuhan semak yang berbentuk seolah-olah lensa. Warnanya bervariasi mulai dari coklat, hijau, hitam, hingga jingga-kemerahan.

Sumber Vitamin B Kompleks dari Daging

Makanan yang Mengandung Vitamin B Kompleks 40 Makanan yang Mengandung Vitamin B Kompleks
16. Daging merah: daging yang mengandung vitamin B kompleks cukup lengkap. Mulai dari vitamin B2, B3, B6, dan B12. Kamu bisa konsumsi daging kambing, daging sapi, domba, kelinci, dan lain sebagainya.

17. Ikan salmon: biasanya jenis ikan ini banyak diolah setengah matang menjadi sushi di Jepang. Selain vitamin B, salmon juga mengandung omega 3 yang baik untuk otak.

Makanan Mengandung Sumber Vitamin B dari Buah


Makanan yang Mengandung Vitamin B Kompleks 40 Makanan yang Mengandung Vitamin B Kompleks
Gambar by merdeka.com


18. Alpukat: buah ini sering dipakai untuk diet sehat. Baca selengkapnya mengenai manfaat buah alpukat.

19. Apel: buah sumber vitamin B yang sangat segar dikonsumsi. Buah ini juga mempunyai kandungan serat yang baik untuk pencernaan.

20. Pisang: cukup terkenal dengan kandungan potasiumnya. Ternyata pisang juga masuk sebagai buah yang mengandung vitamin B tinggi.

21. Blueberry: merupakan buah kaya akan antioksidan yang berkhasiat untuk menangkal radikal bebas. Konsumsi bluberry rutin bisa membantu memelihata sistem kardiovaskuler (salah satu manfaat vitamin B).

*sisanya akan ditambah di lain waktu

Itulah beberapa masakan yang mengandung vitamin B kompleks. Konsumsilah sumber vitamin tersebut secara rutin setiap harinya. Agar tak bosan, kau bisa mengombinasikan satu dengan lainnya. Selamat mencoba!

***
Bermanfaat dan menarik? Bantu share yuk!
Advertisement