MESOTHELIOMANESIA

Waspada ! 10 “Tanda Tubuh” Ini Memberi Sinyal Kalau “Ginjalmu” Sudah Nggak Berfungsi Lagi, Apalagi Kalau Nyeri Di Bagian Punggung yang Ini Berarti Udah Rusak Parah !!

Waspada ! 10 “Tanda Tubuh” Ini Memberi Sinyal Kalau “Ginjalmu” Sudah Nggak Berfungsi Lagi, Apalagi Kalau Nyeri Di Bagian Punggung yang Ini Berarti Udah Rusak Parah !!
Waspada ! 10 “Tanda Tubuh” Ini Memberi Sinyal Kalau “Ginjalmu” Sudah Nggak Berfungsi Lagi, Apalagi Kalau Nyeri Di Bagian Punggung yang Ini Berarti Udah Rusak Parah !!

Waspada ! 10 “Tanda Tubuh” Ini Memberi Sinyal Kalau “Ginjalmu” Sudah Nggak Berfungsi Lagi, Apalagi Kalau Nyeri Di Bagian Punggung yang Ini Berarti Udah Rusak Parah !!

Wah, gak boleh dianggap remeh nih gejalanya!

Setiap harinya otak kita memproses banyak sekali informasi, lalu ribuan tindakan pun dan gerakan dilakukan setiap harinya. Dan sementara tinggal di dunia yang super sibuk ini bisa membuatmu amat gampang untuk melewati berbgai pesan penting yang dikirim oleh tubuhmu. Dan imbas dari tak berkomunikasi dan merespons sinyal ini bisa timbukkan efek yang sangat fatal pastinya.



Berikut adalah daftar tanda yang menunjukkan bahwa ginjalmu sudah tidak berfungsi dengan baik lagi. Berapa banyak sinyal yang dikirimkan tubuh setiap harinya kepadamu?

Kesulitan tidur
Bila ginjal tidak berfungsi dengan baik, berarti racun tidak bisa keluar dari tubuh melalui urine dan tetap berada dalam darah. Peningkatan kadar toksin akan membuatmu sulit tertidur. Karena itulah, saat dirimu kurang tidur, sangat kemungkinan akan mengalami penurunan fungsi ginjal.

Peringatan: Orang yang memiliki penyakit ginjal kronik lebih sering menderita sleep apnea. Sleep apnea adalah kelainan yang menyebabkan satu atau lebih jeda (terbangun) saat kamu tidur. Jeda ini bisa berlangsung beberapa detik sampai satu menit. Dengkuran yang berat juga menandakan bahwa kamu harus segera menemui dokter.

Sakit kepala, kelelahan dan kondisi tubuh melemah
Ginjal yang sehat dan berfungsi baik untuk mengubah Vitamin D di tubuh kita agar mempertahankan tulang yang kuat dan menghasilkan hormon yang disebut Erythropoietin (EPO). Hormon ini berperan penting dalam produksi sel darah merah. Bila ginjal tidak berfungsi dengan baik, mereka pun akan kurang dalam menghasilkan EPO. Penurunan sel darah merah (yang membawa oksigen) mengakibatkan kelelahan pada otot dan otakmu dalam waktu yang cepat.

Peringatan: Sudah umum bagi penderita penyakit ginjal kronik untuk menderita anemia. Anemia mungkin mulai berevolusi bila seseorang memiliki 20% sampai 50% fungsi ginjal normal. Jika kamu cukup istirahat dan tidur, namun terus mengalami perasaan lelah, tingkat energi rendah dan kelemahan umum, kamu harus mengunjungi dokter tanpa adanya penundaan lagi.

Kulit kering dan gatal
Ginjal yang sehat akan melakukan pekerjaan yang luar biasa dengan membuang limbah dan cairan ekstra dari darah, membantu menghasilkan sel darah merah, dan menjaga jumlah mineral dalam tubuh dengan tepat. Kulit gatal dan kering memberi sinyal telah terjadinya kegagalan ginjal untuk menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi yang tepat yang dapat menyebabkan penyakit tulang dan ginjal.

Peringatan: Jika kamu memiliki kulit yang kering dan gatal, cobalah untuk tetap menjaga tubuhmu agar tetap terhidrasi. Ingat, sebelum mengkonsumsi obat gatal sangat disarankan agar kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Obat tertentu mengandung bahan yang berpotensi merusak fungsi ginjal yang akan menjadi lebih fatal lagi.

Bau mulut
Saat limbah menumpuk di dalam darah, rasanya dapat mengubah rasa makanan dan meninggalkan rasa logam di mulut. Memiliki bau mulut adalah tanda lain karena memiliki terlalu banyak racun dan kontaminasi di aliran darah. Selanjutnya, kamu mungkin akan berhenti menginginkan daging dan kehilangan nafsu makan pada umumnya, yang bisa menyebabkan penurunan berat badan yang tidak sehat.

Peringatan: Ada berbagai alasan mengapa makanan bisa memiliki rasa logam (dari alergi hingga kesehatan mulut yang buruk). Biasanya, rasa logam di mulut akan hilang jika penyebab yang diasumsikan telah diobati. Jika rasa terus muncul, kamu harus menghubungi dokter.

Sesak nafas
Hubungan antara penyakit ginjal dan sesak nafas, terutama jika bukan karena olahraga yang berlebihan hanya dapat disebabkan oleh dua faktor. Pertama, cairan ekstra dalam tubuh bergerak ke paru-paru saat ginjal tidak berfungsi dengan baik. Kedua, anemia yang dapat menghilangkan oksigen ke tubuh.

Peringatan: Ada berbagai alasan sesak napas akibat gagal ginjal terhadap asma dan kanker paru-paru atau gagal jantung. Jika kamu seringkali kehabisan napas walaupun hanya melakukan olahraga ringan, tampaknya kamu harus segera menghubungi dokter.

Bengkak di pergelangan kaki
Ginjal yang gagal tidak dapat berfungsi dengan benar dan tidak dapat mengeluarkan cairan ekstra dari tubuh. Hal ini menyebabkan retensi natrium yang menyebabkan pembengkakan di pergelangan kaki. Pembengkakan bagian bawah tubuh ini juga bisa menandakan penyakit jantung dan hati atau mungkin masalah pembuluh darah.

Peringatan: Terkadang hanya dengan minum obat dapat mengurangi garam dan mengeluarkan cairan yang berlebihan dari tubuh, sehingga pembengakakan pun dapat berhenti. Jika masih tidak bisa, maka kamu perlu melakukan perawatan yang lebih intensif.

Sakit punggung
Gagal ginjal bisa mengakibatkan sakit punggung yang terletak tepat di bawah tulang rusuk. Juga bisa dirasakan di bagian depan pangkal paha atau daerah pinggul. Nyeri punggung dan kaki bisa disebabkan oleh kista ginjal, yaitu adanya sejumlah cairan yang terbentuk di ginjal yang merupakan hasil penyakit ginjal polikistik (terbentuknya kista ginjal).

Tip: Sakit punggung yang disebabkan oleh gagal ginjal disertai dengan rasa sakit, muntah, suhu tubuh tinggi dan sering kencing. Sedangkan nyeri punggung biasa yang tidak ada hubungannya dengan kesehatan ginjalmu memiliki gejala yang berbeda:
nyeri akan terasa di beberapa titik tertentu dan terjadi serangan sakit secara tiba-tiba, tidak ada demam. Jika kamu terus mengalami nyeri punggung dan pil pereda nyeri pun tidak efektif lagi, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter.

Bengkak di area mata
Tanda awal bahwa sistem saringan ginjalmu telah rusak adalah timbulnya protein dalam urin, yang dapat menyebabkan bengkak di sekitar area mata.
Jika matamu membengkak secara berlebihan, pada umumnya disebabkan karena ginjal yang mengeluarkan sejumlah besar protein ke dalam air seni yang tidak disimpan atau didistribusikan ke seluruh tubuh.

Tip: Jika selama ini, walaupun sudah tidur cukup dan kamu juga sudah mengkonsumsi protein dengan cukup, namun matamu tetap membengkak, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter.

Tekanan darah tinggi
Sistem peredaran darah dan ginjal sangat bergantung satu dengan lainnya. Ginjal memiliki nefron kecil yang menyaring limbah dan cairan ekstra dari darah. Jika pembuluh darah rusak, nefron yang menyaring darah tidak mendapat cukup oksigen dan nutrisi. Itulah sebabnya tekanan darah tinggi adalah penyebab utama gagal ginjal.

Tip: Belajar untuk menjaga tekanan darah tinggi untuk menghindari gagal ginjal. Tambahkan makanan kaya asam folat karena ia terlibat dalam produksi sel darah merah dan bisa membantu mencegah anemia.

Perubahan buang air kecil
Ginjal bertanggung jawab untuk memproduksi air kencing. Perubahan frekuensi, bau, warna dan tampilan urine jangan pernah kamu anggap remeh. Jenis perubahan yang umum seperti Frekuensi buang air kecil terutama di malam hari meningkat. Buang air kecil antara 4 sampai 10 kali dalam sehari dianggap normal. Melihat darah dalam urin.



 Ginjal yang sehat menyaring limbah dari darah untuk menghasilkan air kencing, namun jika saringannya rusak maka sel darahnya mungkin akan ikut “keluar” bersama urine. Memiliki urine busa. Urin yang berbusa biasanya mengharuskanmu untuk flush beberapa kali sampai urin benar-benar bersih dari kloset, ini menunjukkan bahwa protein yang tidak diinginkan ada dalam urin.

Sumber http://www.topikkesehatan.com/
Advertisement