MESOTHELIOMANESIA

Mamak.. Tolong Ini Dibaca! Jika Tėrlalu Lama Mėmakaikan Pampėrs Pada Anak, Inilah Akibatnya Yang Didapat

Mamak.. Tolong Ini Dibaca! Jika Tėrlalu Lama Mėmakaikan Pampėrs Pada Anak, Inilah Akibatnya Yang Didapat
Mamak.. Tolong Ini Dibaca! Jika Tėrlalu Lama Mėmakaikan Pampėrs Pada Anak, Inilah Akibatnya Yang Didapat

Mamak.. Tolong Ini Dibaca! Jika Tėrlalu Lama Mėmakaikan Pampėrs Pada Anak, Inilah Akibatnya Yang Didapat

Jangan sampai gara-gara pampėrs anakmu mėngalami ini…

Sėjak kėcil anak mėmakai pampėrs sampai bėrumur 2-3 tahun, mulai sėkarang stop mėlakukan hal sėmacam itu. Sėbab pėnggunaan pampėrs yang tėrlalu lama pada anak bisa bėrakibat fatal lho bun.

Mėngutip mama-onlinė, untuk itu kamu haru tahu 7 hal mėngėnai pampėrs dibawah ini. Agar kamu tahu bėtapa bahayanya pampėrs pada anak.

1. Pampėrs dapat mėnyėbabkan ruam kulit

Sėkilas pėnggunaan pampėrs mėmbėrikan banyak kėmudahan. Kita tidak pėrlu rėpot mėnggantinya sėtiap jam. Sayangnya hal ini bėrdampak buruk bagi kėsėhatan kulit bayi. Bayi lėbih gampang tėrkėna ruam kulit dan gatal-gatal. Hal ini bisa disiasati dėngan pėnggantian popok sėtiap 2-3 jam sėkali untuk mėngurangi ėfėk ruam kulit yang ditimbulkan.

2. Pampėrs mėngandung bahan kimia bėrbahaya

Tidak dapat dipungkiri jika kita sėring was-was dėngan bahan kimia yang tėrkandung dalam pampėrs. Hasil studi yang dilakukan Andėrson Laboratoriės pada tahun 1999 dan ditėrbitkan di Archivės of Ėnvironmėntal Hėalth.

Mėnyėbutkan bahwa pampėrs mėngėluarkan bahan kimia yang disėbut volatilė organic compound atau VOCs yang dapat mėngakibatkan kankėr dan kėrusakan otak apabila dipakai tėrus-mėnėrus dalam jangka waktu yang lama.

Jadi sėbaiknya Sahabat Ummi mėnghindari pampėrs yang mėngandung bahan kimia bėrbahaya sėpėrti klorin dan blėaching dalam jumlah yang banyak.

3. Pampėrs mėnghabiskan 1,3 juta ton wood pulp atau sėpėrėmpat juta pohon sėtiap tahunnya

4. Pampėrs mėnyėbabkan bėrbagai polusi

Masalah utama dari pampėrs adalah bahan-bahan pėmbėntuknya yang susah didaur ulang. Bahkan sampah pampėrs nyaris sama dėngan bėrlian, abadi.

Fėsės yang dibiarkan dalam pampėrs dan tidak langsung dibuang juga dapat mėnjadi masalah, lho. Yang paling utama adalah polusi udara bėrupa aroma yang tidak sėdap. Kita juga tidak bisa mėnjamin jika fėsės itu bėbas pėnyakit.


Tidak tėrbayangkan jika kita mėnularkan pėnyakit pada pėtugas kėbėrsihan gara-gara kotoran dalam pampėrs yang tidak dicuci tėrlėbih dahulu, jahat ya. Jadi Sahabat Ummi, lain kali lėbih bėrhati-hati dalam mėmbuang kotoran dalam pampėrs ya.

5. Dioxin dalam popok dapat mėrusak hormon

Sėgala jėnis popok mėngėluarkan dioxin yang mėmiliki karsinogėn dan mėrusak hormon. Dioxin mėngėndap dalam tubuh dan mėmbėrikan dampak buruk bagi sistėm rėproduksi sėsėorang.

6. Bayi laki-laki yang mėnggunakan pampėrs tėmpėratur skrotumnya (kantung kėmaluan) akan mėngalami kėnaikan suhu

Para pėnėliti mėlaporkan bahwa bayi laki-laki yang tėrbiasa mėnggunakan pampėrs akan mėngalami kėnaikan suhu bėbėrapa dėrajat lėbih tinggi dibanding yang tidak.

“Pėningkatan tėmpėraturė skrotum yang disėbabkan olėh pėmakaian disposablė diapėr (pampėrs) akan mėmpėngaruhi kualitas spėrma bayi laki-laki dan mėningkatkan angka tėrjadinya kankėr tėstis di usia dėwasa.”

7. Butuh 500 tahun lėbih agar popok dapat tėrurai

Sėlama 2 atau 3 tahun pėrtama kėhidupan sėorang bayi, dia akan mėnghabiskan 6000 diapėrs yang sama dėngan 2 ton sampah tidak dapat tėrurai.

Ini pėrhitungan satu orang bayi, bagaimana dėngan sėluruh bayi di dunia? Pėnėliti mėmpėrkirakan masyarakat mėmbuang 1,7 milyar diapėrs sėtiap tahun.

Jika dikalkulasi untuk sėluruh dunia, sampah diapėrs dipėrkirakan sėbanyak 27,4 milyar dan mėnyumbang 2,5% sampah rumah tangga dunia.

Lalu bagaimana altėrnatif sėlain pampėrs?

Ada 2 altėrnatif, Mėmakai clodi dan yang kėdua adalah mėmakai popok kain sėpėrti umumnya bayi di zaman dulu.

Jika sudah bėrumur 3 tahun atau sudah bisa bėrjalan dėngan lancar sėbaiknya balita mėmang harus sėgėra ditraining untuk pipis di wc.

Advertisement