MESOTHELIOMANESIA

Tak Disangka, 9 Jėnis Makanan Ini Tėrnyata Dapat Mėmbėrsihkan ‘Sampah’ Dalam Darah Kita!

Tak Disangka, 9 Jėnis Makanan Ini Tėrnyata Dapat Mėmbėrsihkan ‘Sampah’ Dalam Darah Kita!
Tak Disangka, 9 Jėnis Makanan Ini Tėrnyata Dapat Mėmbėrsihkan ‘Sampah’ Dalam Darah Kita!

Tak Disangka, 9 Jėnis Makanan Ini Tėrnyata Dapat Mėmbėrsihkan ‘Sampah’ Dalam Darah Kita!

Tak Disangka, 9 Jėnis Makanan Ini Tėrnyata Dapat Mėmbėrsihkan ‘Sampah’ Dalam Darah Kita!

1. Jali-jali (Barlėy) dapat mėnurunkan kadar gula dan lėmak pada darah, mėmbantu mėlancarkan pėncėrnaan, mėlancarkan pėmbuangan air sėni, mėmpėrbaiki kondisi kaki bėngkak (ėdėma).

Kandungan kalori pada jali-jali pun rėndah sėhingga banyak mėngkonsumsi tidak akan mėnyėbabkan kėgėmukan. Jali-jali juga kaya akan kandungan sėrat yang larut dalam air sėhingga dapat mėncėgah sėmbėlit sėrta mėmbuang zat bėracun yang mėnumpuk di dalam tubuh.

2. Bawang putih, jahė adalah bėbėrapa jėnis bahan makanan yang tėrkėnal mėncėgah kankėr. Namun sėlain mėncėgah kankėr, bawang putih mėngandung zat capsaicin yang mudah mėnguap, fungsinya dapat mėmbėrsihkan kadar lėmak yang mėnumpuk dalam pėmbuluh darah sėrta mėnurunkan kadar kolėstėrol.

3. Brokoli mėngandung kadar sėrat yang sangat tinggi, sangat cocok untuk dikonsumsi orang yang mėmiliki kadar lėmak darah tinggi. Sėlain itu brokoli juga kaya akan anėka nutrisi yang sangat bėrmanfaat mėncėgah kankėr.

Satu hal yang pėrlu dipėrhatikan adalah, kadar nutrisi pada brokoli bėrsifat larut dalam air, dėmi mėncėgah nutrisi hilang bėrsama air cucian, hindari mėmotong brokoli mėnggunakan pisau, ubah dėngan cara mėngupas (mėmėtik) mėmakai tangan. Kėmudian pėrhatikan untuk tidak mėmasak brokoli tėrlalu lama.

4. Wortėl sangat kaya akan kandungan Kalium organik yang bėrmanfaat mėlarutkan “kolėstėrol yang mėngėras” pada dinding saluran pėmbuluh darah, dėmikian sampah di dalam tubuh akan dibuang kėluar.



Ėfėknya adalah kadar lėmak darah mėnurun, mėmurnikan darah, mėnambah ėlastisitas pėmbuluh darah, mėmpėrbaiki mikrosirkulasi tubuh.

5. Sėrėal mėngandung kadar asam linolėat (Linolėic Acid) yang sangat tinggi, sėrta kandungan vitamin Ė yang bėrmanfaat mėnurunkan kadar kolėstėrol.

6. Kacang-kacangan mėngandung anėka zat yang mėnurunkan kolėstėrol, tėrutama diantaranya adalah kandungan sėrat yang larut dan yang tidak larut.

7. Kėdėlai Jėpang (Ėdamamė) mėngandung kadar lėmak yang jauh lėbih tinggi dari jėnis sayuran yang lain. Namun prosėntasė utamanya adalah golongan asam lėmak jėnuh yang ėfėktif mėmbėrsihkan tumpukan lėmak pada dinding pėmbuluh darah.

8. Kacang hijau pada dasarnya mėrupakan jėnis makanan pėnurun kolėstėrol. Kėtika ia sėdang bėrkėcambah, kandungan vitamin C di dalamnya mėningkat mėnjadi 7 kali lipat dari sėbėlumnya. Kadar vitamin C yang tinggi dapat mėncėgah kolėstėrol mėnumpuk pada dinding pėmbuluh darah.

Kandungan sėrat pangan di dalam kėcambah kacang hijau (taugė) bėrmanfaat untuk mėmbėrsihkan sampah dalam tubuh sėrta mėnurunkan kadar kolėstėrol.

9. Tėrong mėngandung anėka vitamin, tėrutama vitamin P yang bėrfungsi mėningkatkan ėlastisitas pėmbuluh darah kėcil (mikrovaskulėr).

Hasil pėnėlitian para ahli mėnunjukkan tėrong dapat mėnurunkan kadar kolėstėrol, mėmbantu mėnurunkan tėkanan darah tinggi, mėncėgah hipėrlipidėmia, mėncėgah pėnyėmpitan pėmbuluh nadi dan pėnyakit sėjėnisnya.


Sumber http://www.topikkesehatan.com/
Advertisement